SMK Negeri 4 Jambi: Ini Profil Sekolah Unggulan, Kemejanya Dipamerkan oleh Presiden Joko Widodo

SMK Negeri 4 Jambi: Ini Profil Sekolah Unggulan, Kemejanya Dipamerkan oleh Presiden Joko Widodo

Presiden RI Joko Widodo saat berada SMK Negeri 4 Jambi

Jambi, Batamnews - Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi atas produksi busana di SMK Negeri 4 Jambi, khususnya hasil kemeja putih yang langsung dikenakan oleh presiden saat berkunjung ke Bengkulu. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 4 Jambi memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1960 dengan nama SGKP (Sekolah Guru Kepandaian Putri) di bawah naungan Yayasan Sepucuk Jambi SembilanLurah yang dipimpin oleh Ibu Suharmi Instriyanti. Pada awal berdirinya, SMK ini memiliki jurusan Rumah Tangga, Makanan, dan Menjahit.

Pada tahun 1967, statusnya berubah menjadi negeri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 146/B-3/Kedj tanggal 29 Juni 1967, dan nama SGKP diganti dengan SKKA (Sekolah Kesejahteraan Keluarga Atas) dengan kepala sekolah pada saat itu adalah Ibu Siti Djuwairiyah. Pada tahun 1976, nama SKKA kemudian diubah menjadi SMKK (Sekolah Menengah Kesejahteraan Keluarga) dengan penambahan jurusan baru.

Baca juga : Presiden Joko Widodo Memamerkan Kemeja Putih Buatan SMK Negeri Jambi di Bengkulu Tengah: Dukung Pendidikan Berbasis Keterampilan

Seiring perkembangan waktu, SMKK mengalami beberapa perubahan kepemimpinan dan pada tahun 1992, penambahan jurusan seperti Jurusan Tata Boga, Jurusan Tata Busana, dan Jurusan Tata Kecantikan, serta pada tahun 1996, dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Akomodasi Perhotelan.

Pada tahun 1999, SMKK berubah menjadi SMK Negeri 4 Kota Jambi sesuai peraturan pemerintah saat itu. Pada tahun 2006, SMK Negeri 4 Kota Jambi dikukuhkan sebagai SMK Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI) oleh Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional. Kemudian, pada tahun 2008, bidang keahlian di SMK Negeri 4 Kota Jambi termasuk dalam kelompok seni, kerajinan, dan pariwisata, dan 6 (enam) kompetensi keahlian pun ditawarkan.

Baca juga : Kenaikan Tarif Pelabuhan Sri Bintan Pura Menuai Kritik Masyarakat: Ketua MTI Kepri Menyoroti Alasan dan Fasilitas yang Kurang Memadai

Selanjutnya, SMK Negeri 4 Kota Jambi terus berkembang dengan ditetapkan sebagai salah satu SMK Revitalisasi bidang Pariwisata sejak tahun 2018, dan pada tahun 2021, mendapat kepercayaan untuk mengembangkan SMK Pusat Keunggulan bidang hospitality, terutama dalam kompetensi kuliner.

Dibawah kepemimpinan Bapak Drs. Syamsul Bahri, M.Pd, SMK Negeri 4 Kota Jambi berhasil mewujudkan visi terbarunya, yaitu "Menjadi SMK Unggul Mampu Bersaing di Tingkat Global". Di bawah kepemimpinan beliau, sekolah ini menjadi salah satu SMK Pusat Keunggulan di Indonesia dengan program keahlian seperti Kuliner, Perhotelan, Busana, dan Kecantikan serta Spa.

Pada tanggal 12 Juni 2022, SMK Negeri 4 Kota Jambi dipimpin oleh Ibu Hj. Asmiati, M.Pd. Dibawah kepemimpinan beliau, sekolah ini melanjutkan program SMK Pusat Keunggulan dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

SMK Negeri 4 Kota Jambi telah mencatatkan prestasi dengan hasil produksi busana, khususnya kemeja putih yang dipamerkan oleh Presiden Joko Widodo, menunjukkan kualitas dan kemajuan pendidikan di sekolah ini. Semoga prestasi dan keberhasilan SMK Negeri 4 Kota Jambi terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi para siswa dan dunia kerja.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews