Tiga Fakta Dua Nelayan Bintan Hanyut hingga Perairan Malaysia

Tiga Fakta Dua Nelayan Bintan Hanyut hingga Perairan Malaysia

Nelayan yang hilang didampingi petugas gabungan TNI-Polri dan KPLP.

Bintan, Batamnews - Dua orang nelayan asal Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), yang hilang selama beberapa hari akhirnya berhasil ditemukan dengan selamat.

Penyelamatan dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Personel TNI-AL dan Personil KPLP Tanjung Uban, bersama dengan Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Bintan. Tindakan penyelamatan ini dilakukan melalui penjemputan di tengah laut pada Rabu (19/7/2023).

Berikut adalah 3 fakta hilangnya dua nelayan Bintan hingga berhari-hari di laut:

Baca juga: Nelayan di Bintan Hilang Selama Beberapa Hari, Tim Gabungan Berhasil Menemukan Mereka di Tengah Laut

1. Keduanya warga Desa Sebong

Kapolres Bintan, AKBP Riky Iswoyo, menjelaskan bahwa dua nelayan yang berhasil diselamatkan adalah Bakri, warga Desa Sebong Lagoi, dan Holidi, warga Desa Sebong Pereh Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

2. Hanyut hingga perairan Malaysia akibat mesin rusak

Keduanya dilaporkan hanyut ke wilayah Malaysia sejak Minggu (16/7/2023) akibat mesin pompong yang rusak dan tidak dapat dioperasikan.

Informasi mengenai keberadaan dua nelayan tersebut didapat setelah Bakri berhasil menghubungi saudaranya, Unyil, melalui Handphone. Bakri memberitahukan kondisinya yang terdampar di perairan Negara Malaysia dan mengirimkan pesan lokasi terakhir titik koordinat.

Baca juga: Dua Orang Nelayan Hilang di Kabupaten Bintan: Pencarian Dilakukan, Koordinasi dengan Malaysia

Unyil kemudian menyampaikan informasi tersebut kepada nelayan lainnya untuk membantu dalam upaya pencarian.

Para nelayan berusaha mencari Bakri pada titik koordinat yang diberikan, namun upaya tersebut tidak membuahkan hasil karena Bakri telah terbawa arus laut. Mereka kemudian berkoordinasi dengan petugas maritim Malaysia yang juga melakukan patroli dan pencarian di perairan Tanjung Sedeli.

3. Diselamatkan nelayan Malaysia

Beruntungnya, dua nelayan tersebut akhirnya diselamatkan oleh nelayan asal Malaysia. Tim gabungan dari Indonesia kemudian melakukan penjemputan di tengah laut pada hari Rabu (19/7/23) untuk membawa mereka pulang ke Bintan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews