Miliarder Ong Beng Seng Kembali ke Singapura Setelah Diizinkan Bepergian ke Bali dalam Keadaan Bebas Bersyarat

Miliarder Ong Beng Seng Kembali ke Singapura Setelah Diizinkan Bepergian ke Bali dalam Keadaan Bebas Bersyarat

Miliarder Ong Beng Seng dan istri, Christina Ong dijaga ketat usai mendarat di Singapura dari Bali, Indonesia (tangkapan layar/st)

Singapura, Batamnews - Miliarder Ong Beng Seng kembali ke Singapura dari Bali dengan menggunakan pesawat pribadi pada hari Senin (17/7/2023) sore. Dia diizinkan bepergian ke luar negeri dalam keadaan bebas bersyarat oleh lembaga anti korupsi Singapura (CPIB) selama proses penyelidikan kasus korupsi yang melibatkan dirinya.

Pesawat mendarat di Bandara Seletar sekitar pukul 17.15 waktu setempat.

Ong, yang mengenakan polo shirt, celana jeans, dan sandal, kemudian masuk ke dalam sedan Audi hitam, yang kemudian melaju pergi sekitar pukul 17.30. Ia ditemani oleh istrinya, Christina Ong, ketika naik ke dalam mobil.

Baca juga: Ong Beng Seng Ditangkap CPIB, Persiapan untuk Grand Prix Singapura Tetap Lanjut

Petugas keamanan bandara tidak mengizinkan wartawan mendekati Pusat Aviasi Bisnis Seletar tempat Ong terlihat muncul, dengan alasan bahwa ada acara pribadi yang sedang berlangsung.

Mr. Ong berangkat ke Bali pada Jumat lalu.

Berita tentang penangkapannya bersama Menteri Transportasi S. Iswaran oleh Biro Penyelidikan Praktik Korupsi (CPIB) pada hari Selasa lalu terungkap pada hari itu juga. CPIB belum memberikan rincian tentang sifat penyelidikan tersebut.

Kedua pria tersebut telah dibebaskan dengan jaminan dan paspor Mr. Iswaran telah disita.

Baca juga: Setelah Ditangkap, CPIB Bebaskan Menteri Transportasi Singapura, S Iswaran dengan Uang Jaminan

Hotel Properties Limited (HPL) mengatakan dalam pernyataan kepada Bursa Singapura pada Jumat lalu bahwa tidak ada dakwaan yang diajukan terhadap Mr. Ong, yang berusia 77 tahun dan merupakan pendiri serta direktur utama perusahaan tersebut.

HPL, yang memiliki merek seperti Four Seasons Hotels and Resorts, juga menambahkan bahwa Mr. Ong bekerja sama dengan CPIB untuk memberikan informasi terkait interaksinya dengan Mr. Iswaran.

Perusahaan tersebut juga mengatakan bahwa Mr. Ong bepergian sejak tanggal 14 Juli setelah membayar jaminan sebesar $100.000 dan akan menyerahkan paspornya kepada CPIB ketika ia kembali ke Singapura.

Mr. Iswaran, yang berusia 61 tahun, diperintahkan oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong untuk mengambil cuti sampai penyelidikan selesai, demikian pernyataan dari Kantor Perdana Menteri pada hari Rabu lalu.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Menteri Perhubungan Iswaran dan Miliarder Ong Beng Seng oleh Lembaga Anti Korupsi Singapura, CPIB

Ia akan tetap berada di Singapura selama periode ini dan tidak akan memiliki akses ke sumber daya resmi maupun gedung pemerintahan.

Mr. Ong dikenal sebagai orang yang membawa ajang balap Formula Satu ke Singapura. Ia adalah ketua Singapore GP, yang mengorganisir balapan malam F1 di Sirkuit Jalan Marina Bay setiap tahunnya.

Pada pertengahan 2000-an, Mr. Iswaran, saat itu sebagai menteri perdagangan junior, dan Mr. Ong berhasil meyakinkan CEO Grup Formula Satu, Bernie Ecclestone, untuk menjadikan Singapura sebagai tempat pertama ajang balap malam hari tersebut, yang dimulai pada tahun 2008.

Baca juga: Ketua Partai Politik Singapura dan Anggota Parlemen Mengundurkan Diri setelah Ketahuan Selingkuh

Kabarnya, Mr. Iswaran mengenal Mr. Ong dari karir sebelumnya sebagai birokrat dan eksekutif senior di perusahaan investasi Temasek.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews