BP Batam Rencanakan Penanaman Kembali 12 Ribu Pohon Jati Emas

BP Batam Rencanakan Penanaman Kembali 12 Ribu Pohon Jati Emas

Batam, Batamnews - BP Batam telah menyiapkan sebanyak 12.000 bibit pohon jati emas untuk ditanam di sepanjang jalan dari Laluan Madani hingga kawasan Nongsa. 

Bibit-bibit tersebut saat ini masih berada di kebun BP Batam di kawasan Marina dan terawat dengan baik, tidak ada yang mati. Dari total bibit yang tersedia, sebanyak 2.000 di antaranya merupakan bibit baru hasil pengembangan BP Batam.

Wulung Dahana, Kasubdit Fasilitas Wisata dan Lingkungan Hidup BP Batam, menjelaskan bahwa saat ini masih tersisa 300 bibit pohon jati emas yang telah ditanam pada tahap pertama pada tanggal 24 Oktober 2022. 

Pohon-pohon yang telah mulai tumbuh tersebut akan terus dirawat dengan baik agar dapat tumbuh dengan optimal. Rencananya, penanaman tahap selanjutnya akan dilakukan menjelang akhir tahun ini setelah pekerjaan jalan selesai.

Baca juga: BP Batam dan Polresta Barelang Berhasil Menertibkan Tambang Pasir Ilegal di Kawasan Nongsa

Wulung Dahana menambahkan bahwa perawatan pohon jati emas ini dilakukan secara khusus karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis tanaman lainnya. 
Oleh karena itu, perawatan dilakukan oleh petugas yang berpengalaman agar pohon-pohon tersebut dapat beradaptasi dengan iklim di Kota Batam dan tumbuh subur. 
Perawatan meliputi pengairan dan pemupukan, yang harus disesuaikan dengan kondisi cuaca yang berbeda-beda.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Promosi dan Protokol BP Batam, Ariastuty Sirait, memastikan bahwa pembangunan saat ini tidak akan mengganggu program penghijauan Batam melalui penanaman pohon jati emas yang dimulai sejak akhir November 2022. 

Pohon-pohon tersebut akan dipindahkan jika diperlukan untuk mengurangi risiko kerusakan. BP Batam telah menyiapkan 12.000 pohon jati emas yang sehat dan saat ini sedang direhabilitasi di kawasan Temiang sebagai tindakan antisipasi.

Baca juga: Muhammad Rudi Sampaikan Update Progres Pengembangan Pulau Rempang pada Menko Perekonomian

BP Batam menegaskan bahwa mereka akan bertanggung jawab terhadap pohon jati emas ini sebagai komitmen mereka terhadap penghijauan Kota Batam. 

Para pengusaha yang telah berpartisipasi dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) tidak perlu khawatir, karena BP Batam akan memastikan agar pohon jati emas terus tumbuh dengan baik.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews