Telok Ukan, Makanan Ikonik Khas Palembang yang Menggoda Selera

Telok Ukan, Makanan Ikonik Khas Palembang yang Menggoda Selera

Telok ukan makanan khas yang hanya ada di Palembang. (Foto: Cuci Hati/JPNN)

Palembang, Batamnews - Baru-baru ini, sosial media diramaikan dengan viralnya sebuah makanan ikonik khas Palembang yang disebut Telok Ukan. Namun, banyak warganet yang mengaku belum pernah mendengar tentang makanan yang satu ini.

Nama Telok Ukan sendiri unik dan membingungkan sebagian orang. Disebut sebagai telur, namun sebenarnya bukan telur. Inilah yang membuatnya dikenal dengan nama Telok Ukan.

Baca juga: Nikmati Kelezatan Bolu Meranti, Oleh-Oleh Terpopuler dari Medan

Ternyata, Telok Ukan adalah makanan yang hanya muncul saat momen perayaan kemerdekaan Indonesia, khususnya pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya. Pada hari itu, banyak penjual yang menjajakan berbagai makanan khas Palembang seperti Telok Abang, Kapal-kapalan Hias, dan tentunya Telok Ukan ini.

Jika dilihat dari tampilannya, Telok Ukan memang memiliki penampilan yang unik. Terbuat dari olahan telur bebek yang ditutupi dengan gabus sebagai penutup lubang cangkang telur. Rasanya pun tak kalah menarik. Dengan rasa yang mirip srikaya namun lebih gurih dan sedap, serta aroma pandan yang khas dan cita rasa telur yang terasa.

Telok Ukan juga bisa dijadikan sebagai pendamping nasi, layaknya lauk-pauk. Makanan ini nikmat disantap bersama bongkol dan ketan, serta berbagai macam lauk lain yang cocok di lidah.

Baca juga: Sambel Hejo Natuna, Tempat Makan Wajib bagi Pecinta Masakan Sunda

Bagi sebagian orang, Telok Ukan juga bisa menjadi cemilan yang menggugah selera. Kelezatan makanan ini memang menjadi ciri khas Palembang yang tak bisa dipungkiri.

Yang menarik, harga Telok Ukan ini tergolong sangat terjangkau di pasaran. Dijual dengan harga berkisar lima ribu rupiah per buah Telok Ukan, siapa pun dapat merasakan nikmatnya makanan ikonik khas Palembang ini.

Tentunya, dengan keunikan dan kelezatannya, Telok Ukan layak dijadikan salah satu kuliner khas Palembang yang patut dicoba oleh siapa pun yang berkunjung ke kota ini. Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi Telok Ukan yang menggoda selera ini saat merayakan momen spesial kemerdekaan Indonesia!


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews