Kanwil Agama Sumsel Bersiap Sambut Kedatangan Kloter Pertama Jemaah Haji Debarkasi Palembang

Kanwil Agama Sumsel Bersiap Sambut Kedatangan Kloter Pertama Jemaah Haji Debarkasi Palembang

Kloter pertama Debarkasi Palembang diperkirakan mendarat Kamis (6/7/2023) (ilustrasi)

Palembang, Batamnews - Jika tidak berhalangan, kloter pertama jemaah haji asal Debarkasi Palembang bakal tiba Kamis (6/7/2023) sekitar pukul 22.15 WIB di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Hal itu disampaikan Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil. 

"Alhamdulillah kita tinggal menunggu mereka kembali ke Tanah Air. Saya mohon seluruh pihak dapat bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing. Memang ini adalah tugas yang biasa dilakukan setiap tahun, akan tetapi jangan dianggap sepele karena tugas apapun yang diberikan itu harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab,” katanya seperti dikutip antara, Rabu (5/7/2023). 

Baca juga: Semen Padang FC Rombak Skuad di Liga 2 2023, Ada 12 Pemain Baru Dikontrak Minus Pemain Asing

Armet juga memberikan petunjuk terkait proses penjemputan jemaah oleh keluarga. Ia mengimbau agar penjemputan dilakukan di titik kumpul yang telah ditentukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) atau pemerintah setempat. 

Namun, ia memperbolehkan penjemputan di Asrama Haji untuk jemaah lansia dan jemaah berkebutuhan khusus yang tinggal di Kota Palembang.

Selain itu, Armet memberikan informasi bahwa jemaah haji tahun ini akan mendapatkan alokasi air zamzam sebanyak 10 liter, dua kali lipat dari tahun sebelumnya. 

Baca juga: Tercatat 13 Jemaah Haji Asal Lampung Meninggal Dunia di Tanah Suci, Berikut Nama dan Asalnya

Namun, mengingat nota kesepahaman dengan Saudi Airlines yang memberikan hanya 5 liter air zamzam, kloter-kloter awal akan menerima 5 liter terlebih dahulu, sementara kekurangannya akan disalurkan ke kabupaten dan kota tempat tinggal jemaah.

Armet juga mengonfirmasi bahwa semua barang bawaan dan air zamzam jemaah yang meninggal dunia akan tetap diserahkan kepada keluarga jamaah yang ditinggalkan di Tanah Air.

Kedatangan kloter pertama jemaah haji Debarkasi Palembang ini diharapkan berjalan lancar dan menjadi awal perjalanan ibadah haji yang penuh keberkahan.  


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews