3 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia: Inilah Profil Mereka

3 Miliarder Muslim Terkaya di Dunia: Inilah Profil Mereka

Aliko Dangote, warga negara Nigeria adalah CEO Dangote Group dan merupakan orang Muslim terkaya di seluruh Afrika (internet)

Batam, Batamnews - Meskipun dominasi orang terkaya di dunia saat ini didominasi oleh bangsa Barat, ternyata ada beberapa pengusaha Muslim yang juga masuk dalam jajaran orang terkaya. 

Mereka berasal dari berbagai negara, seperti Nigeria, India, dan Pakistan, dan berhasil mengumpulkan harta kekayaan yang mencapai miliaran dolar AS dari berbagai industri dan sektor.

Baca juga: Perkelahian Siswi SMP di Pekanbaru Tersebar di Medsos, Polisi Akan Selidiki Kejadian

Berikut adalah tiga pengusaha Muslim terkaya yang kekayaannya tergolong 'unlimited', seperti dilansir oleh Forbes:

Shahid Khan

Shahid Khan adalah seorang Muslim Amerika-Pakistan yang menempati peringkat 146 orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$11,7 miliar atau sekitar Rp175,32 triliun. Dia adalah seorang insinyur yang memiliki 69 pabrik di seluruh dunia, dengan jumlah karyawan mencapai 26 ribu orang, dan memproduksi bumper truk.

Selain bisnisnya di industri manufaktur, Shahid Khan juga memiliki sejumlah klub olahraga, termasuk Jacksonville Jaguars di National Football League (NFL) Amerika dan Fulham F.C. di Inggris. Ia juga menjadi investor utama bagi Black News Channel (BNC) di AS dan merilis All Elite Wrestling, sebuah pusat hiburan gulat profesional yang menjadi pesaing WWE.

Baca juga: Masih Ada 361 Kursi Kosong di 28 SMP Negeri Kota Padang, Inilah Rinciannya per Sekolah

Aliko Dangote

Aliko Dangote adalah CEO Dangote Group dan merupakan orang Muslim terkaya di seluruh Afrika dengan kekayaan mencapai US$9,8 miliar atau sekitar Rp146,85 triliun.  Pria dengan kewarganegaraan Nigeria tersebut kini menduduki posisi ke-130 sebagai orang terkaya di dunia.

Sumber kekayaannya berasal dari bisnis semen melalui perusahaannya, Dangote Cement, yang merupakan perusahaan semen terbesar di Afrika dengan pangsa pasar mencapai 85 persen.

Tak hanya bisnis semen, Aliko Dangote juga mengembangkan sayap bisnisnya dengan memasuki industri pupuk dan membangun Dangote Refinery, kilang minyak terbesar di dunia.

Baca juga: Beraksi Saat Malam Takbiran, Pelaku Curanmor Diringkus Polsek Sagulung

Azim Premji

Azim Premji adalah seorang Muslim dari Gujarat, India, yang memiliki kekayaan mencapai US$9,1 miliar atau sekitar Rp136,36 triliun. Ia adalah pendiri Wipro, sebuah perusahaan software yang menjadi salah satu pemain terbesar di India.

Azim Premji telah menetapkan jejaknya dalam industri teknologi dengan fokus pada pengembangan teknologi baru dan kolaborasi dengan startup di Silicon Valley. Meskipun pernah mengecap pendidikan di Stanford University di AS, ia memutuskan untuk kembali ke India setelah sang ayah meninggal dunia dan membawa bisnisnya mencapai kesuksesan.

Dengan kekayaan yang mencengangkan, Azim Premji menempati peringkat 206 orang terkaya di dunia dan peringkat 18 di India.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews