Indonesia Menjadi Wakil Tunggal ASEAN di Piala Dunia U-17 Setelah Australia Gagal di Piala Asia

Indonesia Menjadi Wakil Tunggal ASEAN di Piala Dunia U-17 Setelah Australia Gagal di Piala Asia

Indonesia menjadi wakil watu-watunya dari Federasi Sepakbola Asean (AFF) yang lolos ke Piala Dunia U-17 (internet)

Batam, Batamnews - Australia mengalami kegagalan dalam mencapai semifinal Piala Asia U-17 2023, sehingga Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) yang akan berpartisipasi dalam Piala Dunia U-17 2023.

Tim semifinalis Piala Asia U-17 2023 berhak untuk berlaga dalam Piala Dunia U-17 2023. Namun Australia tidak berhasil meraih tiket untuk turnamen dua tahunan tersebut setelah kalah 1-3 dari Jepang pada babak perempat final Piala Asia U-17 2023 yang diselenggarakan di Thailand.

Baca juga: Muhammadiyah Batam Siapkan 4 Lokasi Salat Idul Adha Besok, Ini Lokasinya

Sementara itu, Tim Merah Putih sudah dipastikan lolos ke Piala Dunia U-17 2023 setelah FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah ajang bergengsi ini di tingkat usia muda.

Secara geografis, Australia tidak termasuk dalam wilayah Asia Tenggara dan bukan anggota ASEAN. Namun, negara Kangguru itu bergabung dengan AFF sejak tahun 2013 setelah sebelumnya menjadi bagian dari AFC sejak 2006.

Total ada 24 negara yang akan berpartisipasi dalam Piala Dunia U-17 2023, dengan rincian lima wakil dari zona UEFA, empat wakil dari zona AFC, serta masing-masing satu wakil dari Conmebol, Concacaf, CAF, dan zona OFC. Satu negara lagi berhak tampil sebagai tuan rumah.

Baca juga: Polsek Nongsa Batam Ringkus 2 Pelaku Curanmor, 1 Pelaku Dilumpuhkan Saat Berusaha Melawan

Selain Indonesia, peserta dari kawasan Asia dalam Piala Dunia U-17 2023 adalah Iran, Korea Selatan, Jepang, dan Uzbekistan.

Tidak ada negara anggota AFF yang berhasil melalui jalur Piala Asia U-17. Selain Australia, Thailand juga terhenti di babak perempat final setelah kalah dari Korea Selatan. Sementara Vietnam, Malaysia, dan Laos gagal melaju dari fase grup.

Baca juga: Belgia Tertarik Menjajaki Peluang Investasi di Batam

Negara-negara AFF lainnya seperti Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, Filipina, Timor Leste, dan Singapura juga tidak berhasil meloloskan diri ke Piala Asia U-17 2023.

Indonesia sebenarnya juga gagal lolos ke Piala Asia U-17 2023 setelah kalah dalam persaingan dengan Malaysia pada fase kualifikasi. Namun, Indonesia beruntung karena FIFA menunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 menggantikan posisi Peru.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews