Bukan Shin Tae-yong, PSSI Percayakan Bima Sakti Latih Garuda Muda di Piala Dunia U-17 2023

Bukan Shin Tae-yong, PSSI Percayakan Bima Sakti Latih Garuda Muda di Piala Dunia U-17 2023

Bima Sakti dipercaya latih Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17 2023. (Foto: PSSI)

Jakarta, Batamnews - Ketua Umum PSSI Erick Thohir secara resmi mengumumkan penunjukan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga dalam Piala Dunia U-17 2023.

Pengumuman tersebut dilakukan dalam jumpa pers yang diadakan di Menara Danareksa, Jakarta Pusat, pada Sabtu (24/6/2023). Sebelum pengumuman ini, Erick telah mengadakan rapat dengan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI untuk membahas keputusan ini.

"Dalam kesempatan ini, saya ingin memberikan kesempatan kepada Coach Bima (Sakti). Kami perlu adanya pelatih-pelatih muda. Di dalam kepengurusan STY ada Coach Nova dan beberapa pelatih baru, begitu juga di kepengurusan Indra," kata Erick.

Baca juga: Persaingan Sengit di Lini Depan Persis Solo: Ramadhan Sananta vs David Gonzalez

"Jadi, kami akan memberikan kesempatan kepada Coach Bima Sakti dan nantinya kami akan membahasnya di Exco, pasti akan ada pendamping untuknya karena ini adalah kejuaraan dunia," ujar Menteri BUMN tersebut.

Erick menjelaskan bahwa Shin Tae-yong (STY) tidak akan menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 karena ia telah diminta secara khusus untuk melatih Timnas Indonesia (senior). Sementara itu, Indra Sjafri akan bertanggung jawab atas Timnas Indonesia U-23.

"Menurut kontrak, kesepakatan dengan Coach STY adalah bahwa ia akan bertanggung jawab atas tim senior dan U-23, kemudian kami memberikan kesempatan kepada Coach Indra untuk melatih tim junior," ucap Erick.

Sebelumnya, Bima Sakti telah menjadi asisten pelatih Indra Sjafri di SEA Games 2023. Bersama tim pelatih tersebut, Bima turut berkontribusi dalam meraih medali emas dalam cabang olahraga sepak bola.

Baca juga: 20 Tim Negara Sudah Pastikan Lolos ke Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

Peran Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23 saat SEA Games 2023 hanyalah sementara, karena sebenarnya ia adalah pelatih Timnas Indonesia U-16. Salah satu prestasinya yang mencolok adalah meraih gelar juara Piala AFF U-16 2022.

Sebelumnya, Bima juga pernah menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Simon McMenemy. Ketika McMenemy mengundurkan diri, Bima dipercaya sebagai penggantinya dalam timnas.

Penunjukan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 ini diharapkan akan memberikan semangat dan motivasi baru bagi para pemain muda Indonesia. Dengan pengalaman dan dedikasi Bima dalam dunia sepak bola, harapannya adalah dapat meraih hasil yang gemilang dalam ajang bergengsi tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews