Supermoon Pertama Tahun Ini akan Menerangi Langit Singapura pada 3 Juli

Supermoon Pertama Tahun Ini akan Menerangi Langit Singapura pada 3 Juli

Supermoon yang pertama dari 4 supermoon yang muncul tahun ini, akan terlihat di Singapura tanggal 4 juli (tangkapanlayar/st)

Singapura, Batamnews - Apakah Anda pengamat langit yang bersemangat, pecinta mitologi, atau sekadar mencari momen kagum, bersiaplah untuk terpesona oleh bulan rusa saat ia menghiasi langit pada 3 Juli.

Supermoon bulan Juli ini akan menjadi yang pertama dari empat supermoon yang akan muncul sepanjang tahun ini di Singapura

Supermoon adalah bulan purnama yang berada paling dekat dengan Bumi, sehingga terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya.

Baca juga: Singapura Membuka Tender Pengembangan Jurong Lake District: Ada 1.700 Rumah Pribadi dan Kantor

Bulan rusa ini akan berjarak sekitar 362.000km dari Bumi pada titik terdekatnya.

P: Mengapa disebut bulan rusa?

Supermoon ini mendapatkan nama uniknya dari siklus alami rusa jantan, yang dikenal sebagai "buck," yang mulai tumbuh tanduk baru pada waktu ini di seluruh dunia.

P: Pukul berapa bulan rusa bisa terlihat?
Bulan rusa diprediksi akan mulai muncul di Singapura pada pukul 19.13 pada 3 Juli, dengan arah tenggara.

Mulai pukul 21.00 ke atas, ini adalah kesempatan sempurna untuk melihat bulan saat mencapai ketinggian optimal di langit, di mana kebanyakan orang akan dapat melihat bulan tanpa bangunan dan pohon yang menghalangi pandangan mereka.

Bulan akan terus naik hingga mencapai Meridian, atau titik tertinggi yang akan dicapainya di langit, pada pukul 01.25 pada 4 Juli, sebelum mulai turun ke arah barat daya.

Baca juga: Chopstix and Rice, Restoran Padang di Singapura yang Memikat Hati Para Selebriti

Bulan rusa akan terbenam pada pukul 07.40 pada 4 Juli.

P: Apakah bulan rusa bisa terlihat dengan mata telanjang?
Observatorium Pusat Sains Singapura mengatakan bahwa penampilan bulan dapat bervariasi tergantung pada kondisi atmosfer dan lokasi spesifik yang kita tempati. Namun, sulit untuk tidak melihat bulan terang di langit malam saat cuaca cerah.

P: Di mana tempat terbaik untuk melihat bulan rusa?
Menurut Observatorium Pusat Sains, bulan rusa dapat dengan mudah terlihat di mana saja di Singapura selama langit cerah dan pandangan tidak terhalang.

"Untuk pandangan yang lebih baik dan potensial dengan pemandangan panorama dari latar belakang kota, Anda dapat mengunjungi area umum terbuka seperti Marina Barrage, East Coast Park, dan Southern Ridges," tambahnya.

Baca juga: Jadwal Kapal Ferry Singapura - Batam Center, Indonesia

Presiden Astronomical Society National University of Singapore (NUS), Chen Wei Zhong, mengatakan bahwa mereka yang ingin melihat bulan hanya perlu berada di lokasi yang nyaman di mana pandangan mereka terhadap bulan tidak terhalang.

"Jika pengamat memiliki alat bantu visual seperti teropong atau teleskop, ini akan memungkinkannya melihat detail permukaan bulan seperti kawah dan medan yang lebih besar," tambah Chen, 24 tahun seperti dikutip straitstimes, Sabtu (24/6/2023)

Baca juga: Dahsyatnya Puting Beliung di Pulau Kasu: Speed Boat Hilang Terbawa Pusaran Angin

Andy Chew, 51 tahun, yang telah menjadi fotografer hobi selama lebih dari 20 tahun, mengatakan bahwa lokasi terbaik untuk melihat bulan rusa adalah Pasir Ris, Pantai East Coast, dan Marina Barrage. 

Beberapa fotografer akan menggunakan aplikasi seperti SkyView dan PhotoPills untuk membimbing mereka ke tempat terbaik untuk memotret kelahiran bulan, tambahnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews