Pemberangkatan Terakhir dari Asrama Haji Batam: Kloter BTH 33 Terbang Menuju Tanah Suci

Pemberangkatan Terakhir dari Asrama Haji Batam: Kloter BTH 33 Terbang Menuju Tanah Suci

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Batam melayani kloter terakhir BTH 33 Asrama Haji Batam (dok.kemenag.kepri)

Batam, Batamnews - Pada Jumat (23/06/2023), PPIH (Petugas Penyelenggara Ibadah Haji) Embarkasi Batam secara resmi melepas jemaah haji kloter BTH 33 asal Kepulauan Riau (Kepri) dan Kalimantan Barat (Kalbar). 

Ini merupakan kloter terakhir yang meninggalkan Aula Arafah II Asrama Haji BP Batam untuk perjalanan menuju Bandara Hang Nadim dan selanjutnya berangkat ke Tanah Suci.

Seperti informasi sebelumnya,  Embarkasi Batam  melayani total 34 kloter (kelompok terbang) dari 4 provinsi, yaitu Kepri, Kalbar, Riau, dan Jambi, dengan total jemaah sebanyak 12.403 orang. Dengan keberangkatan kloter BTH 33, sebanyak 12.193 jemaah telah diberangkatkan menuju Tanah Suci.

Baca juga: MA Terima Kasasi Kejari Pariaman, 13 Terdakwa Terbukti Bersalah Korupsi Pengadaan Tanah Tol Padang-Sicincin

Jemaah haji dari Kepri dan Kalbar menginap di Asrama Haji Batam sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci. Kloter BTH 33 ini merupakan kloter terakhir yang menginap di Asrama Haji Batam. 

Sedangkan kloter terakhir, yaitu BTH 34, terdiri dari jemaah haji Antara yang langsung diberangkatkan dari daerah asal, Jambi dan Riau, ke Bandara Hang Nadim Batam untuk selanjutnya langsung berangkat ke Jeddah tanpa melalui seremoni pelepasan di Embarkasi Batam.

Kloter BTH 33 terdiri dari 311 jemaah haji gabungan, dengan rincian sebagai berikut: dari Kepri (Batam: 9 orang, Tanjungpinang: 3 orang, Natuna: 7 orang, Karimun: 4 orang, Anambas: 4 orang), dari Kalbar (Bengkayang: 1 orang, Ketapang: 2 orang, Kubu Raya: 6 orang, Landak: 8 orang, Mempawah: 4 orang, Sanggau: 8 orang, Sekadau: 3 orang, Sintang: 29 orang, Pontianak: 21 orang, Singkawang: 5 orang), dan dari Riau (Indragiri Hulu: 33 orang, Rokan Hilir: 14 orang, Rokan Hulu: 29 orang, Kampar: 77 orang, Kuantan Singingi: 42 orang).

Baca juga: Kasus Raibnya Uang Pensiun Senilai Miliaran di BPR Pekanbaru, Korban Melapor ke Polda Riau

Terdapat pula kehadiran Sekretaris PPIH Embarkasi Batam, yang juga merupakan Kabid PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Muhammad Syafii, sebagai salah satu jemaah haji. Beliau juga ditunjuk sebagai Ketua Regu dalam kelompok terbang ini.

Sebelum melepas jemaah, Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan, Edi Batara, menyampaikan pesan kepada jemaah haji kloter BTH 33. Beliau mengingatkan agar jemaah saling memperhatikan dan tolong menolong selama menjalankan ibadah haji.

Baca juga: Angin Puting Beliung Mengamuk: Pulau Kasu Batam Porak Poranda

"Selalu saling memperhatikan dan tolong menolong. Semoga Bapak-Ibu dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan sempurna. Jangan lupa, 1 jam sebelum sampai di atas Yalamlam akan disampaikan arahan untuk miqat," ucap Edi Batara seperti dikutip dari laman kemenag kepri, Sabtu (24/6/2023).

Jemaah haji kloter BTH 33 lepas landas dari Bandara Hang Nadim menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 3501 pada Jumat, 23 Juni 2023, pukul 18:02 WIB. Jemaah dijadwalkan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada hari yang sama, pukul 22:55 WAS.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews