Ketua Hakka Bobby Jayanto Pimpin Festival Bakcang di Tanjungpinang

Ketua Hakka Bobby Jayanto Pimpin Festival Bakcang di Tanjungpinang

Ketua HAKKA Provinsi Kepri Bobby Jayanto (Foto: Dok Pribadi)

Tanjungpinang, Batamnews - Ketua Hakka Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Bobby Jayanto, bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjungpinang Kota, menggelar perayaan Festival Bakcang pada Kamis (22/6/2023) pagi.

Festival Bakcang merupakan salah satu tradisi penting dalam kebudayaan Tionghoa yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Imlek. 

Dalam festival ini, Bakcang, makanan tradisional khas Tionghoa yang terbuat dari beras ketan atau pulut yang dikemas dalam daun bambu berbentuk segitiga, dibagikan kepada masyarakat Tionghoa yang tinggal dan memiliki usaha di pertokoan sepanjang jalan.

Baca juga : Hari ini Diperingati Sebagai Hari Makanan Bakcang

Bobby Jayanto, bersama rombongan panitia, secara langsung membagikan Bakcang kepada warga dan pemilik toko yang berada di sepanjang jalan tersebut. 

Festival ini berlangsung meriah dengan penampilan kesenian Barongsai dan Liong yang turut mengiringi pembagian Bakcang. Suasana keakraban antara Bobby Jayanto dan warga terlihat saat proses pembagian Bakcang berlangsung.

"Perayaan Festival Bakcang ini dirayakan di seluruh dunia pada hari ini, tanggal 5 bulan 5 Imlek. Di Tanjungpinang, kita merayakan Festival Bakcang ini dengan berbagi Bakcang," ungkap Bobby Jayanto.

Selain pembagian Bakcang, tradisi penting bagi masyarakat Tionghoa ini juga akan dilanjutkan dengan Festival Lomba Perahu Naga yang direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 29 Juni 2023 mendatang.

"Nanti tanggal 29 Juni atau 13 Imlek, kita akan menyelenggarakan Lomba Perahu Naga sesuai tradisi masyarakat Tionghoa. Lomba ini tidak terlaksana selama tiga tahun terakhir karena pandemi Covid. Lomba ini memiliki kisah tersendiri yang menceritakan tentang seorang pahlawan terkenal yang memilih untuk bunuh diri ke laut karena tidak sepaham dengan raja," jelas Bobby.

Baca juga : Mengenal Kesenian Gubang Asal Pulau Jemaja Anambas yang Penuh Misteri

Bobby juga menyampaikan bahwa pelaksanaan festival ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan budaya masyarakat Tionghoa. Ia mengajak masyarakat Tanjungpinang untuk berpartisipasi dalam perlombaan Perahu Naga yang akan digelar di Pelantar 3 Tanjungpinang.

Salah satu warga, Ayong, menyampaikan harapannya agar tradisi seperti Festival Bakcang dapat diperingati setiap tahunnya. Ia berterima kasih kepada Bobby Jayanto dan panitia atas pemulihan tradisi khas masyarakat Tionghoa tersebut. 

Ayong berharap agar festival ini bisa dirayakan setiap tahun dan mengucapkan harapan kesehatan dan kesuksesan untuk masyarakat Tanjungpinang.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Pokdarwis Tanjungpinang Kota, Lurah Bukit Cermin, Lurah Tanjungpinang Kota, perwakilan dari Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, dan sejumlah tokoh masyarakat yang turut memeriahkan festival tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews