Tiga Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berkurban secara Patungan saat Idul Adha

Tiga Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Berkurban secara Patungan saat Idul Adha

Ilustrasi sapi kurban.

Jakarta, Batamnews - Idul Adha menjadi momen yang banyak ditunggu oleh umat muslim. Pasalnya, di hari raya ini, umat Muslim melaksanakan ibadah kurban. Ibadah ini hukumnya sunah muakkad, artinya dianjurkan untuk dikerjakan bagi umat muslim yang mampu.

Berkurban bisa dilakukan secara mandiri maupun patungan. Tidak sedikit umat muslim yang memilih patungan untuk membeli hewan kurban karena telah menjadi hal yang lumrah. Namun, sebelum berkurban secara patungan kamu perlu memahami hukum dan syarat patungan hewan kurban berikut yang dilansir dari berbagai sumber.

Hukum patungan saat berkurban bisa dikatakan sah jika memenuhi batasan jumlah pengurban. Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan mayoritas ulama memperbolehkan patungan kurban. Namun dengan syarat hewan yang dikurbankan adalah sapi, kerbau, atau unta.

Untuk kurban seekor sapi, unta, maupun kerbau ini mayoritas ulama memperbolehkan maksimal orang yang patungan hanya tujuh orang. Jika lebih, kurban hanya akan berupa daging yang halal dimakan tanpa pahala kurban karena syaratnya tidak terpenuhi.

Baca juga: Elyza Riani Berbagi Tips Bisnis untuk Generasi Muda Bintan

Diperbolehkannya unta, sapi dan kerbau untuk kurban patungan dengan batas tujuh orang karena setiap hewan tersebut mempunyai nilai harga yang sepadan dengan tujuh ekor kambing atau domba.

Untuk kurban kambing, Dewan Syariah Dompet Dhuafa Ustaz Ahmad Fauzi Qosim menjelaskan kurban yang satu ini hanya boleh dilakukan satu orang dan boleh untuk mewakili keluarga seperti dikutip dari dhompetdhuafa.org.

Selain ketentuan tersebut, ada 3 hal penting lainnya yang perlu kamu persiapkan sebelum berkurban secara patungan.

1. Kurban Sesuai Ketentuan Syarat Sah

Tak hanya memastikan jumlah pengurban, kamu pun harus memastikan kondisi hewan yang dikurbankan agar sesuai syarat sah berkurban. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat memilih hewan kurban adalah mata tidak buta total dan sebelah, telinga tidak terpotong lebih dari sepertiga, hewan cukup umur (minimal 1 tahun) dan sedang tidak hamil.

Baca juga: Grab Singapura Kurangi 1.000 Pekerjaan Demi Efisiensi Biaya dan Daya Saing

Selain itu, ekori hewan kurban juga tidak boleh terpotong lebih dari sepertiga, perutnya tidak boleh kurus hingga terlihat tulangnya, kaki tidak pincang, bulu sehat dan tidak kusam, serta tidak ada gigi yang ompong.

2. Niat Mendekatkan Diri kepada Allah

Baik berkurban sendiri maupun secara patungan, kamu perlu meniatkan diri untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dilansir dari Dr Oni Sahroni Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, hewan kurban yang disembelih pada hari raya Idul Adha merupakan bentuk taqarrub atau pendekatan diri kepada Allah.

3. Bermanfaat untuk Berbagi

Patungan kurban merupakan salah satu bentuk sedekah daging yang dapat bermanfaat bagi orang lain, serta bantu membangun solidaritas umat Islam. Dengan patungan kurban sapi atau kerbau, kamu tak hanya mendapatkan pahala tapi juga membantu duafa dan orang yang membutuhkan mendapatkan daging kurban tersebut.

Demikian lah tiga hal penting yang harus kamu siapkan sebelum berkurban secara patungan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews