Polres Karimun Perkuat Kesatuan Keamanan Lingkungan

Polres Karimun Perkuat Kesatuan Keamanan Lingkungan

Wakapolres Karimun, Kompol Petra menyerahkan piala dan piagam kepada pemenang lomba Satkamling di wilayah Karimun (eha) 

Karimun, Batamnews - Polres Karimun Polda Kepulauan Riau mengadakan apel Kesatuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) guna meningkatkan keamanan lingkungan.

Apel tersebut dipimpin oleh Wakapolres Karimun, Kompol Petra C. K. Tumengkol, dan diikuti oleh pejabat utama Polres Karimun, personel Satuan Kesatuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling), Linmas, serta para lurah dan camat, pada Rabu (21/6/2023).

Apel satuan keamanan lingkungan ini diadakan dalam rangka menyambut pemilu 2024 dan sekaligus memperingati Hari Bhayangkara Ke-77, yang dilaksanakan secara serentak di Polda Kepulauan Riau.

"Kegiatan apel Kasatkamling ini dilaksanakan secara serentak di Polda Kepulauan Riau," kata Wakapolres Karimun, Kompol Petra.

Baca juga: Polres Karimun Bantu Reparasi Sumur Air Bersih dan Sembako ke Warga

Petra juga menjelaskan bahwa apel ini merupakan salah satu upaya Polri dalam mempercepat revitalisasi Satuan Kesatuan Keamanan Lingkungan (Satkamling). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan mengoptimalkan peran anggota Satkamling dalam menjalankan fungsi kepolisian terbatas guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa.

"Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada kelurahan/desa. Saat ini, Satkamling memiliki peran sentral dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, terutama mengingat kita akan menghadapi agenda nasional seperti Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024," ujar Petra.

Untuk itu, Polri akan melaksanakan kegiatan peningkatan kemampuan anggota Satkamling melalui pelatihan, termasuk penjagaan dan patroli lingkungan, membantu dalam menyelesaikan masalah warga, serta tindakan lainnya demi keamanan masyarakat.

Baca juga: Polres Karimun Bagi-bagi Sembako Gratis kepada Pekerja Pemulung

"Melalui kegiatan tersebut, diharapkan kemampuan teknis dan taktis operasional di lapangan dapat ditingkatkan, sehingga pelaksanaan Satkamling dapat sesuai dengan ketentuan yang berlaku," tambahnya.

Selama apel tersebut, juga diadakan penyerahan piala dan piagam kepada pemenang lomba Satkamling di wilayah Karimun. 

Juara pertama diraih oleh poskamling perumahan Meral Permata Asri RT 002 RW 003, Kelurahan Meral Kota, Kecamatan Meral, Karimun. Juara kedua diraih oleh poskamling Lingkarya RT 002 RW 002, Kelurahan Buru, Kecamatan Buru. Sedangkan juara ketiga diraih oleh poskamling Dusun IV P Tegak RT 001 RW 001, Kelurahan Sei Ungar, Kecamatan Kundur.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews