Sekolah Lansia Pertama di Karimun Kini Hadir di Kecamatan Tebing

Sekolah Lansia Pertama di Karimun Kini Hadir di Kecamatan Tebing

Kabupaten Karimun kini memiliki sekolah lansia. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Karimun, Raja Azmah Aunur Rafiq, meresmikan Sekolah Lansia 'Stania' yang berlokasi di Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Selasa (20/6/2023).

Sekolah lansia ini menjadi yang pertama di Kabupaten Karimun dan dihadiri oleh para lanjut usia yang bersemangat untuk mengikuti program ini.

Sekolah lansia ini dibentuk di bawah naungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dengan tujuan agar para lansia dapat berinteraksi sosial dan tetap aktif berkegiatan.

“Ini merupakan sekolah lansia pertama di Karimun yang merupakan salah satu bentuk dari BKKBN Kepri,” kata Raja Azmah.

Baca juga: Polres Karimun Bantu Reparasi Sumur Air Bersih dan Sembako ke Warga

Melalui sekolah lansia ini, para lansia diharapkan dapat menjaga kesehatan dengan tetap aktif bergerak dan mengikuti program-program yang ditawarkan. Sekolah lansia ini juga menerapkan 7 Dimensi Lansia Tangguh yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebahagiaan para lansia.

“Ibu-ibu bertambah semangat, sehat, kuat dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang meningkatkan rasa bahagia, sehingga 7 dimensi lansia dapat terwujud di Kelurahan Teluk Uma ini,” ucap istri orang nomor satu di Negeri Berazam tersebut.

Ia berharap agar sekolah lansia juga dapat dibentuk di kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Karimun.

“Tentunya kita harapkan, di kecamatan lain juga dibentuk sekolah lansia. Ini sebagai percontohan dan semangat untuk membentuk sekolah di kecamatan masing-masing,” ujarnya.

Baca juga: Ratusan Warga Karimun Nobar Bupati Laga Timnas Indonesia Lawan Argentina di Rumah Dinas

Acara peresmian sekolah lansia ini turut dihadiri oleh Kepala BKKBN Kepri, Rohina, yang sangat mendukung partisipasi para lansia dalam mengikuti program di sekolah lansia.

"Kami menginginkan agar lansia semakin sehat dan usia semakin panjang. Oleh karena itu, kami tidak ingin lansia menjadi tidak tahu atau tidak sehat," ungkap Rohina.

Hingga saat ini, hanya ada tiga kabupaten/kota di Kepri yang memiliki sekolah lansia yaitu, Kota Batam, Tanjungpinang, dan Karimun. BKKBN akan terus mendorong pendirian sekolah lansia di setiap kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri.

“Untuk saat ini ada tiga yang terbentuk. Insya Allah daerah lain juga akan terbentuk. Dan kita harapkan itu nanti ada disetiap Desa atau Kelurahan,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews