Kontroversi Viral Ustaz Malaysia dan Cewek Punk di Jakarta: Realitas atau Konten Semata?

Kontroversi Viral Ustaz Malaysia dan Cewek Punk di Jakarta: Realitas atau Konten Semata?

Netijen Malaysia sebut video viral Ustaz Ebit Lew dengan anak punk hanya untuk konten, karena diketahui anak punk bernama Mondy Tato adalah influenser Tiktok dengan folower 1 juta (internet)

Jakarta, Batamnews - Sebuah video viral mengenai seorang ustaz Malaysia, Ebit Lew, yang mengunggah momen pertemuan dengan seorang cewek punk di Jakarta dan mengklaim berhasil membuatnya hijrah, kini menjadi sorotan netizen. Fakta-fakta di balik unggahan tersebut pun mulai terungkap.

Dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, Ustaz Ebit Lew menunjukkan pertemuan dengan seorang wanita muda yang berpakaian layaknya anak punk. Wanita tersebut terlihat berbaring di depan pagar besi dengan kondisi yang kurang layak.

Baca juga: Anak Pengusaha di Batam Diduga Jadi Otak Pelaku Perampokan Pengusaha Money Changer Diduga Senilai Rp 20 Miliar

Dalam keterangan unggahan, Ustaz Ebit Lew menyebutkan bahwa wanita tersebut bernama Mondy, seorang ibu tunggal berusia 21 tahun yang menyara anak berusia 4 tahun.

"Rezeki bertemu Mondy ibu tunggal 21 tahun di Jakarta yang menyara anak kecil berumur 4 tahun. Wajahnya penuh tatoo termasuk dalam matanya penuh tatoo. Cantik dan baik adik ni. Kehidupan anak punk jalanan. Dari kecil hidup susah dan dijalanan," demikian penggalan keterangan yang ditulis Ebit Lew dalam unggahannya di Instagram seperti dikutip wolypop.detik, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Peringkat FIFA Terkini Timnas Indonesia dan Malaysia: Tertahan di Posisi Masing-Masing

Namun, seiring berjalannya waktu, netizen mulai mengungkap fakta bahwa Mondy sebenarnya bukan hanya seorang cewek punk di jalanan. Dia merupakan seorang influencer TikTok dengan pengikut lebih dari 1 juta.   

"Ini semua content jaa..Mondy tu modeling...Adehhhh..follower 1M kt tiktok," tulis netizen Malaysia.

"Dia Ni dah femes..follower 900k..Gigi pakai braces...mahal tu..masi tidur beralas kotak??renung2kan....," tulis netizen Malaysia lainnya.

Dalam video tersebut, Ustaz Ebit Lew memberikan uang kepada Mondy, yang kemudian menuju suatu tempat untuk berbincang-bincang. Ustaz Ebit Lew memberikan baju gamis dan hijab syari kepada Mondy, yang kemudian dipakainya.

Unggahan video Ustaz Ebit Lew tersebut menuai lebih dari 1,5 juta suka dan hampir 21 ribu komentar di Instagram.

Baca juga: Berwisata Religi ke Tanjungpinang, Jangan Lupa Mampir ke Masjid Al Hikmah di Tengah Kota Tua 

Awalnya, netizen memberikan pujian atas aksi Ustaz Ebit Lew dan perubahan Mondy yang ingin hijrah. Namun, setelah fakta sosok Mondy terungkap, banyak netizen yang mengekspresikan kekecewaan terhadap Ustaz Ebit Lew yang dianggap memanfaatkan agama untuk konten semata.

Sebagai akibat dari kontroversi ini, Ustaz Ebit Lew dituding menggunakan agama sebagai sarana untuk mendapatkan konten. Netizen mengingatkan bahwa Ustaz Ebit Lew sebelumnya juga pernah terlibat dalam kontroversi serupa di Malaysia dan Palestina.

Tentu saja, fakta yang terungkap ini menimbulkan penyesalan dari netizen atas tindakan Ustaz Ebit Lew yang membuat video yang seolah-olah mengajak anak punk di jalanan hijrah, padahal ternyata hal tersebut hanyalah bagian dari konten semata.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews