Cen Sui Lan Desak Pembangunan 17 Ruang Kelas Baru di SMKN 1 Tanjungpinang

Cen Sui Lan Desak Pembangunan 17 Ruang Kelas Baru di SMKN 1 Tanjungpinang

Cen Sui Lan saat memantau RKB di SMKN 1 Tanjungpinang yang baru selesai dibangun. (Foto: ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi Golkar Dapil Kepulauan Riau (Kepri), Cen Sui Lan meminta agar segera dilakukan renovasi dan pembangunan penambahan 17 ruang kelas baru untuk SMKN 1 Tanjungpinang, pada tahun anggaran 2024. Menurutnya, renovasi dan penambahan ruang kelas ini sangat mendesak dan urgent.

Permintaan tersebut disampaikan oleh Cen Sui Lan kepada Diana Kusumastuti, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi V DPR RI, pada Selasa (13/6/2023).

RDP tersebut bertujuan untuk mengevaluasi program tahun anggaran 2022 serta membahas Rencana Alokasi Anggaran (RKA) Ditjen Cipta Karya tahun anggaran 2024. RDP tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta.

Baca juga: UMRAH, AJI Tanjungpinang dan Mongabay Gelar Diskusi Publik Bahas Dampak Perubahan Iklim

Cen Sui Lan menjelaskan bahwa usulan pembangunan ruang kelas baru untuk SMKN 1 Tanjungpinang merupakan hasil Kunjungan Daerah Pemilihan (Kundapil) yang dilakukan pada akhir Mei 2023 ke Kota Tanjungpinang.

Lebih lanjut, Cen Sui Lan menjelaskan bahwa revitalisasi SMKN 1 Tanjungpinang diperlukan karena kondisi ruang belajar yang parah. Saat ini, terdapat kebutuhan sebanyak 52 ruang kelas untuk SMKN 1 Tanjungpinang, tetapi hanya terdapat 35 ruang kelas yang tersedia.

Kurangnya 17 ruang kelas ini mengakibatkan kerusakan yang sangat parah. Akibatnya, para siswa SMKN 1 Tanjungpinang harus berpindah-pindah ruangan saat proses belajar mengajar.

Baca juga: Rocky Bawole Targetkan Penambahan Suara untuk Kemenangan PKB di Kepri

Beberapa siswa bahkan harus belajar di laboratorium, lapangan, dan bergantian menggunakan satu ruang kelas yang ada. Oleh karena itu, Cen Sui Lan memohon agar Kementerian PUPR dapat segera menangani masalah ini agar dapat direalisasikan secepatnya.

Situasi ini sangat mendesak mengingat jumlah pelajar di SMKN 1 Tanjungpinang melebihi 1.800 orang.

"Cara-cara yang bisa ditempuh oleh pihak sekolah sudah habis. Menunggu Dana Alokasi Khusus (DAK) juga tidak membuahkan hasil. Kondisi para siswa sangat menyedihkan," ungkap Cen Sui Lan.

Selama kunjungan Kundapil pada akhir Mei 2023 tersebut, Cen Sui Lan langsung meninjau SMKN 1 Tanjungpinang. Ia didampingi oleh Rudy Chua, Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Kota Tanjungpinang, serta Reni Yang, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews