Survei IKM, Kantor Imigrasi Dabo Singkep Dapat Sorotan Positif dari Kanwil Kemenkumham Kepri

Survei IKM, Kantor Imigrasi Dabo Singkep Dapat Sorotan Positif dari Kanwil Kemenkumham Kepri

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kepulauan Riau (Kepri) melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. (Foto: ist)

Lingga, Batamnews - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) Kepulauan Riau (Kepri) melakukan survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Kabupaten Lingga.

Survei tersebut dilakukan sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi yang bertujuan untuk memastikan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan memuaskan.

"Saat ini, survei yang kami lakukan merupakan bagian dari check and balance terhadap survei yang dilakukan oleh setiap Satker. Evaluasi ini kami lakukan setiap tiga bulan sekali," ungkap Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kepri, Sukiman pada Senin (12/6/2023).

Baca juga: Sempat Terombang-ambing di Lautan Malaysia, Dua Nelayan Kepri Selamat Dipulangkan

Monev dilakukan dengan mengunjungi setiap Unit Pelayanan Teknis (UPT) untuk memeriksa sarana dan prasarana serta melakukan wawancara dengan pengguna layanan atau masyarakat.

"Melalui survei Monev ini, kami mengunjungi seluruh UPT dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pelayanan yang diberikan oleh setiap Satker kepada masyarakat," kata Sukiman.

Rizky Reza, Analis Pengembangan Hukum Kanwil Kemenkumham Kepri, menambahkan bahwa melalui monitoring dan evaluasi yang dilakukan di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, pihaknya juga memberikan pengingat kepada petugas untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Baca juga: Kisah Cinta dan Perpisahan di Balik Pulau Tioman dan Pulau Daik Lingga

"Untuk Kantor Imigrasi Dabo Singkep, tidak ditemukan hal-hal sensitif seperti pungutan liar atau gratifikasi. Sarana dan prasarana juga telah mengalami peningkatan yang signifikan. Namun, evaluasi dan monitoring tetap perlu dilakukan agar komitmen bersama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pengguna layanan tetap terjaga," ungkap Reza.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Yanto Ardianto, melalui Kasubsi Teknologi Informasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, Denny Saputra, mengucapkan terima kasih atas kunjungan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh tim Monev dari Kanwil Kemenkumham Kepri.

“Tentu ini sebuah kehormatan bagi kami kedatangan tim Monev dari Kanwil, terimakasih juga atas penilaian dan evaluasi yang disampaikan, tentu ini akan membuat kami menjadi lebih baik dan meningkatkan komitmen kami melayani masyarakat atau pengguna layanan dengan baik dan prima,” kata Denny.

Diketahui, selain melakukan Monev di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep, tim Monev IPK-IKM Kanwil Kemenkumham Kepri juga mendatangi Lapas Kelas III Dabo Singkep.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews