Alur dan Link Pendaftaran PPDB Online SMP di Karimun

Alur dan Link Pendaftaran PPDB Online SMP di Karimun

Brosur PPDB online SMP di Kabupaten Karimun tahun ajaran 2023/2024.

Karimun, Batamnews - Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendaftaran akan dimulai pada Selasa (13/6/2023) besok dan berlangsung hingga 17 Juni 2023 mendatang.

Sebanyak 10 sekolah menengah pertama di Pulau Karimun besar akan menggunakan sistem pendaftaran online. Sekolah-sekolah tersebut terdiri dari dua sekolah di Kecamatan Karimun, tiga sekolah di Meral, tiga sekolah di Tebing, dan dua sekolah di Kecamatan Meral Barat.

Masing-masing sekolah memberikan kesempatan kepada calon siswa untuk mendaftar melalui PPDB Online.

Baca juga: MV Lintas Kepri Gratiskan Tiket Bagi Warga Lingga yang Dirujuk ke Tanjungpinang dan Batam

"Ada 10 sekolah di Kabupaten Karimun yang menggunakan sistem online, dua sekolah di Kecamatan Karimun, tiga di Meral, tiga di Tebing dan dua di Kecamatan Meral Barat," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Karimun Sugianto, Senin (12/6/2023).

Berikut adalah daftar sekolah yang membuka PPDB Online di Karimun; SMPN 1 Karimun, SMPN 2 Karimun, SMPN 1 Meral, SMPN 2 Meral, SMPN 3 Meral, SMPN 1 Tebing, SMPN 2 Tebing, SMPN 3 Tebing, SMPN 1 Meral Barat, dan SMPN 2 Meral Barat.

Untuk mengakses PPDB Online jenjang SMP di Karimun, calon siswa dapat mengunjungi link pendaftaran yang telah disediakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Karimun melalui website dengan mengikuti tautan PPDB Online Karimun.

Baca juga: Belum Lengkap Rasanya Jika ke Karimun Tak ke Coastal Area Tanjung Balai

"Bagi calon pendaftar, dapat mengakses link pendaftaran melalui website PPDB Online Karimun," ujar Sugianto.

 

Berikut adalah alur pendaftaran PPDB Online di Karimun:

1. Calon siswa membuka link pendaftaran PPDB Online Karimun.

2. Setelah masuk ke laman website yang telah disiapkan, calon siswa akan diarahkan untuk memilih jalur pendaftaran. Terdapat empat jalur yang tersedia, yaitu Zonasi, Afirmasi, Prestasi, dan Perpindahan Orang Tua.

3. Setelah memilih jalur pendaftaran, siswa dapat memilih pilihan mendaftar.

4. Setelah diarahkan ke halaman selanjutnya, calon siswa dapat mencari pilihan Daftar dan mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan data yang diminta pada halaman tersebut. Pastikan untuk menyiapkan data diri berupa Kartu Keluarga dan Surat Keterangan Lulus.

5. Pada halaman pengisian formulir pendaftaran, calon siswa diminta untuk mengisi nomor peserta. Nomor peserta dapat diisi dengan nomor USBN Calon Siswa.

6. Setelah mengikuti sejumlah alur pendaftaran, kemudian calon siswa akan mendapatkan nomor peserta, kode verifikasi dan bukti pendaftaran. Pada tahapan ini, artinya berkas siswa akan masuk ke data sekolah pilihan, dan kemudian akan mengikuti proses seleksi.

6. Setelah selesai mengikuti tahapan pendaftaran, siswa selanjutnya dapat mengecek status pengajuan pendaftaran di kolom pencarian dengan memasukkan nomor pendaftaran yang telah didapat.

Untuk alur lebih lengkap, peserta dapat mengunjungi kanal youtube Telkom PPDB Online melalui link yang sudah ada.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews