Ketika Musim Durian Tiba di Batam: Musim Ada di Sijunjung, Duriannya Tiba di Batam

Ketika Musim Durian Tiba di Batam: Musim Ada di Sijunjung, Duriannya Tiba di Batam

Di Faras Durian yang berada di SP Plaza Batu Aji, Batam, setiap hari selalu ada durian segar. Musimnya ada di tempat lain, duriannya pasti tiba di Batu Aji Batam (denni risman)

Batam, Batamnews - Meskipun Kota Batam tidak memiliki lahan perkebunan durian, namun hal tersebut tidak menghalangi keberadaan penjual durian di kota ini. Di kawasan Batu Aji, hampir setiap hari dapat ditemukan pedagang yang menjual durian.

"Ketika musim durian tiba di Sumatera, maka di sini pun turut merasakan musim durian," ujar Adi, pedagang di lapak Faras Durian, yang berlokasi di SP Plaza, Batu Aji, Batam, pada Minggu (11/6/2023).

Baca juga: Mengenal Dendang Ria, Tempat Wisata Ternama di Tanjungpinang Era Tahun 90-an

Di lapak tersebut, terlihat dua truk dengan sistem pendingin yang baru tiba dari Sijunjung, Sumatera Barat, membawa durian segar.

Pembeli datang silih berganti. Ada yang membeli dan menikmati durian di tempat, sementara ada yang membelinya untuk dibawa pulang.

Satu keluarga sedang menikmati durian di lokasi Faras Durian Batu Aji (denni risman)

Salah satu pembeli, Linda, warga Tembesi, menyebutkan kelebihan membeli durian di sini adalah durian yang masih segar, dan jika ada yang tidak enak atau masam, dapat diganti.

"Harganya juga tidak terlalu mahal," ujar Linda.

Harga durian di lapak ini dibanderol seharga Rp 45.000 per kilogram. Selain itu, ada juga penjualan per biji, dengan harga 4 biji seharga Rp 100.000, 3 biji seharga Rp 100.000, dan 2 biji seharga Rp 100.000.

Baca juga: Event Summer Beach Festival Hadir Pertama Kali di Batam, Serasa di Bali

"Kami memberikan jaminan kualitas untuk semua durian yang kami jual di sini. Jika tidak manis, kami akan menggantinya. Bagi kami, pelanggan adalah yang terpenting, kami tidak ingin membuat mereka kecewa," ujar Adi, yang telah berjualan durian di tempat tersebut selama sekitar enam tahun.

Durian di Faras Durian kualitasnya dijamin oleh pedagang, tidak manus bisa diganti (denni risman)

Karena jaminan kualitas tersebut, lapak ini selalu ramai pembeli. Rata-rata, sekitar 2.200 buah durian terjual setiap hari di sini. Pasokan durian terus masuk ke Batam setiap harinya.

"Setidaknya satu truk durian tiba di Batam setiap harinya," tambah Adi.

Pasokan durian yang tiba di Faras Durian sangat bergantung pada musim durian di Sumatera. Jika musim durian sedang berlangsung di Aceh, maka durian Aceh yang tiba di Batu Aji, Batam. Namun, jika musim durian telah berakhir di Sumatera, dan masih ada musim durian di Jawa, maka durian dari pulau Jawa yang tiba di Batam.

Durian yang sudah matang di perkebunan di Sumatera atau Jawa, diangkut menggunakan truk dengan sistem pendingin, sehingga durian tetap segar saat tiba di Batam.

Baca juga: Putri Ariani, Dari Juara Indonesia's Got Talent Hingga Golden Buzzer di AGT 2023

"Kami bekerja sama dengan ekspedisi di seluruh kota di Sumatera dan Jawa. Sehingga kami tidak mengalami kesulitan dalam transportasi dari lokasi perkebunan durian di pulau Sumatera ke Batam," tambah Adi.

Tertarik mencoba? Kunjungi saja SP Plaza Batu Aji Batam. Lapak ini buka setiap hari mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews