Kapal Perpustakaan TNI AL Ajak Siswa-siswi SMP di Batam Belajar Sambil Berlayar

Kapal Perpustakaan TNI AL Ajak Siswa-siswi SMP di Batam Belajar Sambil Berlayar

Para siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mendapatkan pengalaman pembelajaran yang unik. Mereka belajar sambil berlayar di perairan Kota Batam bersama Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar Mandiri-1 Lantamal IV Batam pada Rabu (7/6/2023).

Batam, Batamnews - Para siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), mendapatkan pengalaman pembelajaran yang unik. Mereka belajar sambil berlayar di perairan Kota Batam bersama Kapal Angkatan Laut (KAL) Pintar Mandiri-1 Lantamal IV Batam pada Rabu (7/6/2023).

Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan kemaritiman kepada para siswa, meningkatkan minat belajar mereka, dan diharapkan menjadi sarana komunikasi pendidikan di pulau-pulau di wilayah Kepri.

KAL Pintar Mandiri-1 sendiri merupakan kapal perpustakaan TNI AL yang hanya ada tiga unit di Indonesia. Salah satunya berada di Kepri, di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal IV Batam. Sementara dua unit lainnya berada di Makasar dan Papua.

Baca juga: Kunker ke Kepri, Wapres Ma'ruf Amin dan Gubernur Ansar Tinjau Pusat Pertanian Modern di Batam

Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal IV, Kolonel Laut (KH) Mohammad Ikhsan, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan menjadi program tetap di Lantamal IV. Hal ini menunjukkan kepedulian pihak mereka terhadap pendidikan di pulau-pulau di wilayah Kepri.

Dalam rangka menjaga kelangsungan kegiatan tersebut, Dinas terkait seperti Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Perpustakaan, dan instansi lainnya di lingkungan Pemerintah Kota Batam diharapkan memberikan dukungan.

"KAL Pintar Mandiri-1 Lantamal IV adalah kapal multi-fungsi yang dibuat sebagai perpustakaan bergerak yang dilengkapi dengan buku-buku pengetahuan dan pelajaran untuk anak-anak sekolah, serta perangkat informasi teknologi (IT) yang terkoneksi dengan jaringan internet," kata Ikhsan.

Baca juga: Striker Muda Asal Lingga Ramadhan Sananta Resmi Tinggalkan PSM Makassar

Kamariah Nor, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Batam, mengungkapkan bahwa ini adalah kali pertama dirinya mengetahui adanya kapal perpustakaan di Kepri. Ia menyepakati untuk menjalin kerjasama dengan Lantamal IV Batam dalam hal silang layan dan pembinaan pengelolaan perpustakaan.

Mohamad Djupri, Kepala Bidang Guru dan Kependidikan Disdik Batam, yang ikut berlayar bersama para siswa, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Lantamal IV Batam. Menurutnya, pengalaman ini merupakan salah satu bentuk edukasi yang sangat menyenangkan bagi peserta didik.

"Sebelumnya, peserta didik hanya belajar di dalam kelas atau di daratan. Sekarang, mereka mencoba pengalaman baru dengan belajar di atas kapal," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews