Gubernur Kepri Resmikan LPK Bintan Cakrawala di Kawasan BIE Lobam, Cetak SDM Andal

Gubernur Kepri Resmikan LPK Bintan Cakrawala di Kawasan BIE Lobam, Cetak SDM Andal

Bintan - Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bersama Perwakilan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, Arif Fadillah meresmikan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bintan Cakrawala sekaligus membuka program pelatihan berbasis 3 in 1 sektor pengelasan di Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) Lobam, Selasa (19/10/2021).

Hadir dalam acara itu, General Manager (GM) PT. Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) Aditya Laksamana, Kepala OPD Pemprov Kepri dan Pemkab Bintan, perwakilan perusahaan di Kawasan BIE Lobam dan Manajemen PT. BIIE.

Ansar mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri sangat mendukung hadirnya LPK Bintan Cakrawala di Kawasan BIE. LPK ini memberikan pelatihan dan pendidikan bagi calon pekerja ataupun pekerja di bidang yang dibutuhkan perindustrian.

"Kami menyambut baik dan apresiasi atas apa yang menjadi program kementerian dan apresiasi juga PT BIIE yang melahirkan LPK," ujar Ansar.

Industri Lobam memiliki kawasan bebas dan pelabuhan bebas. Ditambah dengan hadirnya LPK sebagai fasilitas pendidikan untuk peningkatan SDM seperti ini akan menjadi salah satu indeks daya saing yang mengacu kepada kemajuan dunia industri.

LPK ini tidak hanya diperuntukan masyarakat di Bintan, Tanjungpinang dan Batam saja. Tapi juga bagi kabupaten-kabupaten lainnya di Provinsi Kepri. Kemudian fasilitas pelatihannya juga sangat bagus. 

Program ini sangat bagus karena programnya dari hulu ke hilir. Dimulai dari melatih keahlian calon atau pekerja. Lalu menilai dan memberikan sertifikasi bagi yang lulus sampai penempatan kerjanya.

Diminta kepada para peserta yang ikut pelatihan bersungguh-sungguh. Ini peluang dan kesempatan yang baik. Banyak di luar sana yang butuh pendidiikan seperti ini tetapi anda-anda yang mendapatkan kesempatan ini. Jadi manfaatkanlah semua ini agar dapat ditempatkan dengan baik juga.

GM PT.BIIE, Aditya Laksamana mengatakan untuk tahap pertama peserta yang dilatih 100 orang. Mereka berasal dari beberapa wilayah. Mulai dari pekerja PT Pertamina, pekerja di Lobam, anak-anak daerah lulusan SMK dan juga sebagiannya dari pekerja dari Kijang dan Toapaya.

Alat-alat pelatihan telah disediakan oleh PT BIIE. Namun untuk pelatihnya, kata Aditya, pihak LPK Bintan Cakrawala bekerjasama dengan LPK di Cikarang dan Poltek Batam. Kedepannya akan dilatih oleh pelatih sendiri yaitu dari Bintan Cakrawala.

Mereka akan dilatih selama 2 minggu. Semua kebutuhan mereka ditanggung. Mulai dari penginapan bagi yang domisilanya jauh, makan dan minum serta lainnya.

Bidang yang diajarkan di LPK Bintan Cakrawala ini adalah pengelasan dan juga Bahasa Inggris. Nantinya akan ada bidang-bidang lainnya karena ditargetkan 2023 mendatang di kawasan ini akan hadir Politeknik (Poltek) Bintan Cakrawala khusus jurusan industri. Ada MRO, Aero Teknik, dan lainnya.

Untuk kesiapan poltek, pihaknya sudah sediakan banyak ruangan. Dengan begitu anak-anak di Bintan bahkan Kepri bisa sekolah atau berkuliah di sini nantinya. Kemudian bagi pekerja pabrik yang ingin meningkatkan ilmu atau keahliannya bisa berkuliah di sini juga.

  • Gubernur Kepri, Ansar Ahmad didampingi GM PT BIIE, Aditya Laksamana memotong pita sebagai tanda resminya LPK Bintan Cakrawala.

  • Gubernur Kepri, Ansar Ahmad didampingi GM PT BIIE, Aditya Laksamana menandatangani prasasti peresmian LPK Bintan Cakrawala.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana menyerahkan cinderamata ke Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana menyerahkan cinderamata ke Gubernur Kepri Ansar Ahmad.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana menerima cinderamata dari Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah.

  • Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan kata sambutan.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah foto bersama.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana memberikan perlengkapan kepada peserta pelatihan.

  • Gubernur Kepri Ansar Ahmad memberikan perlengkapan kepada peserta pelatihan.

  • Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah memberikan perlengkapan kepada peserta pelatihan.
     

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana bersama Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan rombongan.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah meninjau proses cutting besi.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah meninjau proses pengelasan.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah meninjau fasilitas LPK Bintan Cakrawala.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana dan Gubernur Kepri Ansar Ahmad serta tamu undangan duduk bersama.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah foto bersama Perwakilan Perusahaan Lobam.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah foto bersama peserta pelatihan.

  • GM PT BIIE Aditya Laksamana, Gubernur Kepri Ansar Ahmad, dan Kabid Pelatihan BPSDMI Kemenperin RI Arief Fadillah foto bersama pengurus dan peserta pelatihan LPK Bintan Cakrawala.