Gubernur Kepri Resmikan Politeknik Bintan Cakrawala, Menjadi Politeknik Pertama di Kabupaten Bintan

Gubernur Kepri Resmikan Politeknik Bintan Cakrawala, Menjadi Politeknik Pertama di Kabupaten Bintan

Bintan - Politeknik Bintan Cakrawala (PBC) yang dikelola Yayasan Bintan Resort telah resmi beroperasi di tahun 2019 ini. Peresmian politeknik yang pertama di Kabupaten Bintan ini ditandai dengan ditandatanganinya prasasti oleh Gubernur Kepri, Nurdin Basirun di Lobi Kampus PBC, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Jumat (3/5/2019).

Peresmian PBC juga disaksikan Vice President PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Frans Gunara, Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, Direktur PBC, Endang Winduri, GM Operasional PT BRC, Prakash Nair, GM Finance dan Administrasi, Hebron Habeahan serta MDIS Singapore, Tanju Dubey dan Subramanian Arunachalam. Lalu, Asisten III Bidang Administrasi Umum Bintan, Kartini, camat-camat, lurah dan kepala desa (kades).

Perguruan tinggi yang berdiri megah diatas lahan seluas 1,2 Hektare ini memiliki 10 gedung berfasilitas lengkap. Diantaranya ruang kelas, ruang praktikum, perpustakaan, ruang kegiatan mahasiswa. Di luar area kampus ini terdapat dormitory atau asrama mahasiswa, klinik kesehatan, pujasera, masjid dan sarana prasarana olahraga. 

Tahap pertama di buka 3 program studi (prodi) diantaranya Diploma 4 Pengelolaan Perhotelan, Diploma 3 Seni Kuliner, dan Diploma 3 Perjalanan Wisata. Tujuan membuka 3 prodi itu agar mampu memenuhi kebutuhan industri pariwisata di Lagoi. Kemudian juga akan membuka program studi lainnya untuk memenuhi kebutuhan  industri Manufaktur, Maritim, dan Aerospace di Lobam.

Keberadaan perguruan tinggi ini juga memiliki kompetitiv keuntungan diantaranya mahasiswa langsung berinteraksi dengan pelaku pariwisata dari hari pertama mereka kuliah. Kemudian memberikan kesempatan untuk dapat langsung praktek di dunia pariwisata dan perhotelan bertaraf internasional serta bisa langsung melatih kefasihan berbahasa asing dengan turis-turis.

Politeknik Bintan Cakrawala memiliki ijin operasional nomor 1335/KPT/2018. Politeknik ini merupakan pendidikan tinggi vokasi (terapan) yang bertujuan menyiapkan mahasiswa yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan kesenian serta mampu meningkatkan masyarakat dan memperkaya SDM.

Sesuai visi dan misinya, perguruan tinggi ini akan berupaya mencetak SDM berakhlak mulia, kompeten, berwawasan global, serta kewirausahaan dengan kearifan lokal di bidangnya.

Sebelum politeknik ini berdiri di Bintan, kata Endang, Yayasan Bintan Resort telah memliki Sahid Bintan Tourism Institute (SBTI) yang merupakan hasil kerjasama antara PT BRC dengan Sahid Group. Sekolah ini menerapkan program sertifikasi satu tahun.

Sampai saat ini SBTI sudah berjalan selama 10 tahun. Dalam perkembangannya, sebanyak 1083 mahasiswa yang telah dididik dan 803 diantaranya sudah alumni. Dari jumlah alumni, 281 diantaranya sudah bekerja di Kawasan Pariwisata Lagoi sedangkan sisanya bekerja di dunia pariwisata yang ada di Batam, Tanjungpinang, Bintan, Malaysia dan negara lainnya. 

Ini menjadi bukti jika sekolah yang dinaungi Yayasan Bintan Resort teraplikasi dengan industri-industri pariwisata, sama halnya dengan PBC yang baru diresmikan. Tidak hanya itu, Yayasan Bintan Resort juga menghadirkan jenjang pendidikan yang berkesinambungan. Mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi.

PBC ini bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) serta Management Development International School (MDIS) Singapura. Lulusan ini nantinya akan dibekali dengan sertifikasi yang berstandar internasional dan bisa digunakan di tingkat Asia. Bahkan terbuka untuk negara-negara lainnya melalui MDIS ini.

Kemudian juga ada beberapa hotel dan resort yang menjadi patnership.Diantaranya PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), PT Buana Mega Wisata (BMW), dan PT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE). Kemudian Nirwana Gardens Resort, Holiday Villa Pantai Indah, Grand Lagoi Village, The Sanchaya, Angsana, Banyan Tree, Bintan Lagoon Resort, The Residence.

Berikutnya, Aston Hotel, CK Hotel, I Hotel, Harris Hotel, Turi Beach Resort, Batam View, Harmoni Hotel, KTM Resort, Montigo Resort, Marina Nongsa Point, PIH Batam, The Everly Putra Jaya Hotel.

(*)

  • Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Vice President PT BRC, Frans Gunara, GGM PT BRC, Abdul Wahab, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, Direktur PBC, Endang Winduri, GM Finance dan Administrasi, Hebron Habeahan serta MDIS Singapore, Subramanian Arunachalam foto bersama diperesmian Politeknik Bintan Cakrawala.
     

  •  Vice President PT BRC, Frans Gunara memberikan cinderamata kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.
     

  • Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, Direktur PBC, Endang Winduri serta MDIS Singapore, Subramanian Arunachalam menyaksikan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menandatangani prasasti peresmian Politeknik Bintan Cakrawala.
     

  •  Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana mengambil tepak sirih sebagai wujud syukur diresmikannya Politeknik Bintan Cakrawala.

  • Vice President PT BRC, Frans Gunara mengambil tepak sirih sebagai wujud syukur diresmikannya Politeknik Bintan Cakrawala.
     

  •  Gubernur Kepri, Nurdin Basirun mengambil tepak sirih sebagai wujud syukur diresmikannya Politeknik Bintan Cakrawala.
     

  • MDIS Singapore, Subramanian Arunachalam mengambil tepak sirih sebagai wujud syukur diresmikannya Politeknik Bintan Cakrawala.
     

  • Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana memberikan kata sambutan.
     

  • Gubernur Kepri, Nurdin Basirun memberikan kata sambutan.
     

  • Direktur PBC, Endang Winduri memberikan kata sambutan.
     

  • Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, Direktur PBC, Endang Winduri mengajak Gubernur Kepri, Nurdin Basirun meninjau ruang belajar mahasiswa.

  • Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana menyaksikan Direktur PBC, Endang Winduri menjelaskan kepada Gubernur Kepri, Nurdin Basirun ruangan yang dipergunakan untuk dosen.

  • Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, Direktur PBC, Endang Winduri dan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bersenda gurau.
     

  • Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, Direktur PBC, Endang Winduri dan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melihat stand-stand bazar UMKM Bintan dan Tanjungpinang.
     

  • Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, Direktur PBC, Endang Winduri dan Gubernur Kepri, Nurdin Basirun foto bersama pelaku UMKM Bintan dan Tanjungpinang.
     

  • Pelaku UMKM Bintan memberikan cinderamata kepada Vice President PT BRC, Frans Gunara.

  • Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, dan Direktur PBC, Endang Winduri berbincang bersama.

  • Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, Vice President PT BRC, Frans Gunara, Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana, dan Direktur PBC, Endang Winduri dan Kades Sebong Lagoi, Abu Bakar foto bersama di Gedung Politeknik Bintan Cakrawala.
     

  •  Mahasiswa dan dosen SBTI Lagoi bersalaman dengan Ketua Yayasan Bintan Resort, Aditya Laksamana serta Manajemen PT BRC.

  • Mahasiswa SBTI Lagoi menyanyikan Lagu Mars PBC.
     

close

Aplikasi Android Batamnews