Gubernur Ansar Hadiri Pentas Seni Waisak, Apresiasi Kontribusi Masyarakat Tionghoa di Kepri

Gubernur Ansar Hadiri Pentas Seni Waisak, Apresiasi Kontribusi Masyarakat Tionghoa di Kepri

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad foto bersama di acara Pentas Seni Waisak

Kepri, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menghadiri acara Pentas Seni Waisak yang diselenggarakan oleh Permabudhi Panitia Bersama Dharmasanti. Acara tersebut berlangsung pada tanggal 6 Maret 2023 di Jl. Merdeka, Depan Vihara Bahtra Sasana Tanjungpinang. 

Dalam acara ini, tampak antusias warga Tionghoa Tanjungpinang hadir untuk menyaksikan berbagai pertunjukan yang mengambil tema "Menjaga Moral, Menjaga Kelurahan Bangsa". Selain pertunjukan seni, kegiatan ini juga melibatkan pembagian kupon hadiah kepada warga Tionghoa yang beruntung.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengungkapkan apresiasinya kepada masyarakat Tionghoa atas kontribusinya dalam pembangunan Kepulauan Riau. Meskipun Kepulauan Riau memiliki keberagaman suku, adat, budaya, dan agama, namun masyarakatnya selalu hidup berdampingan, saling menghargai, dan menjunjung nilai toleransi. 

Baca juga: Pelantikan DPW PMNBI Kepri: Gubernur Ansar Inginkan Kepri dan Nias Barat Jadi Kawasan Unggulan

Hal ini termasuk juga dilakukan oleh warga Tionghoa yang kompak dan berbaur dengan warga lain. Pada tahun 2022, Provinsi Kepulauan Riau meraih peringkat pertama secara nasional dalam Indeks Kerukunan Umat Beragama dengan angka 85,78.

Gubernur Ansar juga menyampaikan beberapa program pembangunan kepada masyarakat Tionghoa yang hadir, terkait upaya mempercantik ibu kota Tanjungpinang. Program-program tersebut antara lain lanjutan rehabilitasi Jalan Merdeka dan Jalan Bandara, rehabilitasi Gereja Ayam di Jalan Teuku Umar, revitalisasi total akau potong lembu bersama Pemko Tanjungpinang, serta penanganan di Pulau Penyengat.

Pada tahun 2024, melalui MCC Amerika Serikat, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan menerima bantuan sebesar Rp300 miliar untuk integrasi tambahan pelantar 1 dan 2 hingga ke Pelabuhan Internasional. Tahun ini juga akan diselesaikan pembangunan Gedung LAM bersama etalase Dekranasda. Selain itu, melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kepri, akan diberikan tambahan anggaran sebesar Rp646 miliar untuk penanganan jalan di beberapa daerah.

Gubernur Ansar berharap bahwa dengan berbagai perbaikan yang dilakukan, semua orang dapat bangga memiliki Tanjungpinang sebagai Ibukota Provinsi. Meskipun APBD tidak besar, namun banyak upaya yang telah dilakukan untuk membuat ibu kota lebih cantik, rapi, dan bersih, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata yang diidamkan banyak orang.

Baca juga: Gubernur Ansar Hadiri Acara Silaturahmi IWAKUSI dan Ajak Bangun Kepri Bersama

Selain itu, Gubernur Ansar juga menekankan bahwa pemerintah Provinsi Kepulauan Riau selalu memberikan perhatian terhadap penguatan keagamaan, termasuk agama Buddha. Beberapa bentuk perhatian tersebut antara lain bantuan kepada Vihara se-Kepulauan Riau pada tahun 2022 dengan anggaran sebesar Rp2,438 miliar, serta bantuan dana hibah sebesar Rp870 juta pada tahun 2023. 

Bantuan juga diberikan kepada Tim pembinaan keagamaan yang terdiri dari pemuka agama, termasuk pemuka agama Buddha, dengan total 57 orang dan alokasi anggaran sebesar Rp68,4 juta.

Gubernur Ansar memohon doa dan dukungan dari masyarakat dan para tokoh Tionghoa untuk mendukung jalannya pembangunan saat ini, sehingga manfaat pembangunan dapat dirasakan oleh semua pihak. Dia berharap bahwa perayaan Waisak ini membawa kebaikan, memperkokoh persatuan, dan persaudaraan. 

Acara ini turut dihadiri oleh Anggota DPD RI Haripinto Tanuwidjaja, Walikota Tanjungpinang Hj. Rahmah, Anggota DPRD Kepri Bobby Jayanto, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang Hj. Yuniarni Pustoko Weni, Ketua Umum Permabudhi Kepri Hengky Suryawan, serta para pimpinan Organisasi Sosial dan Keagamaan Tanjungpinang dan Kepri.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews