10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE Impact Rankings 2023

10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE Impact Rankings 2023

Universitas Indonesia (International.ui.ac.id)

Jakarta, Batamnews - Times Higher Education (THE), lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional, baru-baru ini merilis daftar universitas terbaik berdasarkan 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Dalam daftar tersebut yang diberi tajuk "THE Impact Rankings", Times Higher Education menggunakan indikator yang dikalibrasi untuk memberikan perbandingan komprehensif dan seimbang di empat bidang utama, yaitu penelitian, penatalayanan, penjangkauan, dan pengajaran.

Edisi THE Impact Rankings 2023 merupakan yang kelima kali dirilis oleh Times Higher Education. Peringkat keseluruhan mencakup 1.591 universitas dari 112 negara atau wilayah di seluruh dunia. Daftar tersebut menyoroti perkembangan pesat banyak universitas di dunia setiap tahunnya, yang menunjukkan komitmen mereka dalam mencapai SDGs.

Times Higher Education Impact Rankings memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi untuk menunjukkan peningkatan yang cepat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dicapai melalui pengenalan kebijakan baru yang jelas atau memberikan bukti kemajuan yang lebih terbuka dan terukur.

Dalam THE Impact Rankings 2023, terdapat 17 indikator penilaian yang mencakup berbagai aspek SDGs, seperti pengentasan kemiskinan, kelaparan, kesehatan dan kesejahteraan, kualitas pendidikan, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi, energi bersih dan terjangkau, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, inovasi dan infrastruktur industri.

Kemudian mengurangi ketimpangan, kota dan komunitas yang berkelanjutan, konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, aksi pemeliharaan iklim, kehidupan di bawah air, kehidupan di darat, perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang kuat, serta kemitraan untuk tujuan-tujuan tersebut.

Berikut ini adalah sederet universitas di Indonesia yang masuk dalam peringkat terbaik THE Impact Rankings 2023:

  1. Universitas Indonesia (UI) - Peringkat THE Impact global: 20
  2. Universitas Airlangga (Unair) - Peringkat THE Impact global: 101-200
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM) - Peringkat THE Impact global: 101-200
  4. Institut Pertanian Bogor (IPB) - Peringkat THE Impact global: 101-200
  5. Institut Teknologi Bandung (ITB) - Peringkat THE Impact global: 201-300
  6. Universitas Diponegoro (Undip) - Peringkat THE Impact global: 201-300
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad) - Peringkat THE Impact global: 201-300
  8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) - Peringkat THE Impact global: 201-300
  9. Universitas Hasanuddin (Unhas) - Peringkat THE Impact global: 401-600
  10. Universitas Sebelas Maret (UNS) - Peringkat THE Impact global: 401-600.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews