Prakiraan Cuaca Perairan Batam, Sabtu: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Prakiraan Cuaca Perairan Batam, Sabtu: Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Pusat Meteorologi Maritim BMKG mengingatkan warga yang tinggal di perairan Batam untuk waspada hujan lebat dan angin kencang hari ini, Sabtu (27/5/2023) (ilustrasi)

Batam, Batamnews - Pusat Meteorologi Maritim BMKG memberikan peringatan kepada masyarakat yang berada di perairan Batam, Sabtu (27/5/2023). 

Peringatan tersebut berkaitan dengan potensi hujan sedang-lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi pada siang hingga menjelang malam hari di beberapa wilayah Kepulauan Riau.

Baca juga: Muzamil Baharudin Siap Maju dalam Pilkada Meranti: Rubah Kabupaten Jadi Lebih Baik

Pusat Meteorologi Maritim BMKG menjelaskan bahwa kondisi sinoptik saat ini menunjukkan adanya perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dan kondisi labilitas lokal yang kuat di wilayah Kepulauan Riau. Hal ini mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan yang dapat mengakibatkan hujan sedang-lebat.

Cuaca di perairan Batam diperkirakan akan didominasi oleh hujan sedang. Suhu udara diperkirakan tetap dalam kisaran normal, namun perlu diwaspadai adanya hujan yang dapat mengganggu aktivitas di laut.

Kecepatan angin diperkirakan berkisar antara 3 hingga 14 Knots dengan arah angin bertiup dari Selatan - Barat Daya. Hal ini dapat memengaruhi perjalanan kapal-kapal di perairan Batam.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Harga Tiket Timnas Indonesia vs Argentina Diumumkan Senin

Gelombang di perairan Batam diperkirakan rendah, dengan ketinggian gelombang berkisar antara 0.50 hingga 1.25 meter. Meskipun gelombang rendah, tetap dianjurkan bagi nelayan dan pengguna perairan lainnya untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca yang tidak menentu.

Masyarakat di perairan Batam diimbau untuk mengikuti perkembangan cuaca melalui sumber informasi resmi seperti Pusat Meteorologi Maritim BMKG. Tetap berhati-hati dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan saat beraktivitas di laut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews