Embarkasi Batam Lepas 373 Jemaah Haji Kloter 3 ke Madinah, 1 Orang Gagal Berangkat

Embarkasi Batam Lepas 373 Jemaah Haji Kloter 3 ke Madinah, 1 Orang Gagal Berangkat

Embarkasi Batam lepas 373 jemaah haji kloter 3 ke Madinah (Foto: Kemenag)

Batam, Batamnews - Sebanyak 373 jemaah haji kloter 3 Embarkasi Batam telah diberangkatkan ke Madinah pada Kamis (25/05/2023). Jemaah tersebut terdiri dari 87 orang dari Batam, 68 dari Bintan, dan 212 dari Tanjungpinang, serta 5 petugas kloter.

Salah satu jemaah ditunda berangkat karena alasan kesehatan. Keberangkatan ini merupakan yang ketiga setelah sebelumnya Embarkasi Batam telah memberangkatkan 741 jemaah pada kloter 1 dan 2.

Baca juga: Misteri Keterlibatan Bupati Anambas Saat Kecelakaan Tragis di Batam

Pesawat Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV 5027 bertolak dari Bandara Hang Nadim pada pukul 11:20 WIB. Pelepasan jemaah haji kloter 3 dilakukan secara resmi oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina, di Aula Arafah II Asrama Haji Batam pukul 06:30 WIB.

Turut hadir dalam pelepasan tersebut antara lain Wali Kota Batam, Wali Kota Tanjungpinang, Bupati Bintan, dan Ketua MUI Provinsi Kepri.

Baca juga: Eks Pegawai Pegadaian Syariah Batam Dituntut 7 Tahun Penjara dalam Kasus Korupsi

Marlin Agustina dalam sambutannya mengingatkan jemaah untuk selalu mengenakan atribut identitas selama berada di Arab Saudi dan saling tolong menolong selama melaksanakan ibadah haji.

Ia juga mengingatkan pentingnya menjaga fisik agar seluruh rangkaian ibadah haji bisa berjalan lancar.

Baca juga: BP Batam Menghadirkan Kembali Layanan BLINK untuk Kemudahan Masyarakat

Seusai pelepasan, jemaah diarahkan ke bus untuk dibawa ke Bandara Hang Nadim. Dari 373 jemaah yang diberangkatkan, 10 di antaranya adalah lansia disabilitas atau tidak dapat berjalan dengan baik tanpa alat bantu. Wagub Marlin dan Ketua PPIH Embarkasi Batam, Mahbub Daryanto, membantu mengantar jemaah lansia ke bus.

Sejalan dengan tema haji tahun ini, 'Haji Ramah Lansia', pelayanan prioritas diberikan kepada jemaah lansia dan disabilitas di Embarkasi Batam, sesuai dengan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Jemaah haji kloter 3 Embarkasi Batam dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Madinah pada pukul 17:35 Waktu Arab Saudi (WAS) dan dijadwalkan kembali ke tanah air pada 5 Juli 2023.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews