Gubernur Ansar Berharap Tahun 2023 Menjadi Tahun Kebangkitan Olahraga di Kepri

Gubernur Ansar Berharap Tahun 2023 Menjadi Tahun Kebangkitan Olahraga di Kepri

Gubernur Ansar saat menyerahkan medali di kejuaran sepakbola Piala Gubernur Zona Kabupaten Bintan

Kepri, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad berharap tahun 2023 menjadi momen kebangkitan olahraga di Provinsi Kepri. Selama beberapa tahun terakhir, Kepri mengalami kekurangan kompetisi olahraga akibat pandemi COVID-19.

Momentum kebangkitan olahraga di Kepri dimulai dengan penyelenggaraan Piala Gubernur Kepri tahun 2023. Menurut Gubernur Ansar, selain untuk membangkitkan semangat kompetisi, Piala Gubernur juga merupakan bentuk pembinaan atlet muda oleh Pemerintah.

"Dari kompetisi ini, bibit-bibit atlet berpotensi akan kita bina, yang diharapkan mampu mengharumkan nama Kepri dan Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional," ujar Gubernur Ansar saat penutupan Kejuaraan Sepak Bola Piala Gubernur Kepri Tahun 2023 Zona Kabupaten Bintan di Lapangan Sepak Bola Asyura Gunung Lengkuas Km.20 Kijang, Rabu (24/05) petang.

Piala Gubernur Kepri Tahun 2023 diinisiasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kepri dan mempertandingkan tiga cabang olahraga, yaitu sepak bola, bola voli, dan futsal. Kompetisi ini dibagi menjadi tujuh zona di tujuh Kabupaten/Kota se-Kepri. Hingga tanggal 26 Mei 2023, Piala Gubernur Kepri 2023 cabang sepak bola dan bola voli telah selesai digelar di Zona Tanjungpinang dan Bintan.

Baca juga: 110 Pegawai Lingkungan Pemkab Karimun Dilantik dalam Penyesuaian Jabatan

Jadwal dan tempat pertandingan secara lengkap adalah sebagai berikut: untuk cabang olahraga sepak bola, Zona Tanjungpinang diselenggarakan pada tanggal 8 sampai 15 Mei di Stadion Gelora Sri Tri Buana, Dompak, Bintan pada tanggal 17 sampai 24 Mei di Lapangan Sepak Bola Asyura Gunung Lengkuas, Lingga pada tanggal 20 sampai 27 Juni di Stadion Merdeka Dabo, Kepulauan Anambas pada tanggal 11 hingga 18 Juli di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa, Natuna pada tanggal 9 sampai 16 Agustus di Lapangan Sri Srindit Ranai, Karimun pada tanggal 12 sampai 19 September di Stadion Badang Perkasa, dan Batam pada tanggal 10 sampai 17 Oktober di Stadion Citra Mas Kabil.

Untuk cabang olahraga bola voli, Zona Tanjungpinang diselenggarakan pada tanggal 11 sampai 15 Mei di Lapangan Pinang Wahana, Bintan pada tanggal 20 sampai 24 Mei di GOR Demang Lebar Daun Kijang, Lingga pada tanggal 23 sampai 27 Juni di Gedung Nasional Dabo, Kepulauan Anambas pada tanggal 14 hingga 18 Juli di Lapangan MIN Tarempa Barat, Natuna pada tanggal 12 sampai 16 Agustus di Lapangan Sports Hall Dispora Ranai, Karimun pada tanggal 15 sampai 19 September di Lapangan Amelia Baran, dan Batam pada tanggal 13 sampai 17 Oktober di Lapangan Ja'far Sekupang.

Sementara itu, untuk cabang olahraga futsal, Zona Tanjungpinang diselenggarakan pada tanggal 21 sampai 25 Juli di Lapangan Junior, Bintan pada tanggal 22 sampai 26 Juli di GOR Demang Lebar Daun Kijang, Lingga pada tanggal 23 sampai 27 Juni di Lapangan One Futsal Dabo, Kepulauan Anambas pada tanggal 14 hingga 18 Juli di Lapangan Bayhill Tarempa, Natuna pada tanggal 12 sampai 16 Agustus di Lapangan Caesar Futsal Ranai, Karimun pada tanggal 15 sampai 19 September di Sports Hall Badang Perkasa, dan Batam pada tanggal 13 sampai 17 Oktober di Sports Hill Taras.

Selain itu, dalam upaya mencari bakat-bakat atlet terbaik di daerah, tim terbaik dari setiap zona akan kembali bersaing di tingkat Provinsi Kepri untuk menentukan yang terbaik dan siap mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam kompetisi olahraga baik regional, nasional, maupun internasional.

"Setelah kejuaraan ini selesai, para pemenang dari setiap zona akan kembali bertanding di tingkat Provinsi. Kegiatan ini akan dianggarkan pada tahun 2024 sebagai bukti keseriusan Pemerintah Daerah dalam mencari, menghasilkan, dan membina para atlet yang berprestasi. Dari kompetisi ini, kita akan mendapatkan atlet terbaik yang kemampuannya akan terus diasah untuk mewakili Kepri dalam event olahraga yang lebih besar. Saat ini, kita juga sedang mempersiapkan Porwil 2023 dan Pra PON 2024 di Pekanbaru," ungkap Gubernur Ansar.

Tidak hanya itu, sebagai wujud perhatian Pemerintah Provinsi Kepri terhadap kebangkitan olahraga, Gubernur Ansar juga menyatakan akan menghidupkan kembali Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Kepri yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

"Sebelumnya, melalui PPLP Kepri, kita membina atlet dalam empat cabang olahraga, yaitu sepak bola, takraw, silat, dan karate. Setelah pandemi COVID-19, kita akan menghidupkan kembali PPLP ini karena terbukti telah melahirkan beberapa atlet yang berhasil berprestasi baik di tingkat Nasional maupun Internasional, seperti Ramadhan Sananta yang juga merupakan hasil binaan dari PPLP," tutup Gubernur Ansar.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews