Bintan Lepas 34 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

Bintan Lepas 34 Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

Pelepasan jemaah calon haji Kabupaten Bintan. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan, Batamnews - Sebanyak 34 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Bintan, Kepulauan Riau berkesempatan menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, tahun ini.

Plh Sekda Bintan Kartini bersama Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Bintan Herman Zarudi melepas keberangkatan 34 Calon Jamaah Haji (CJH) di Aula Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu Rabu (8/6/2022).

Kartini mengucapkan rasa wujud syukur karena warga Kabupaten Bintan bisa kembali berangkat ke tanah suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji. Sebab ibadah haji ini sempat tertunda selama dua tahun akibat negara ini diterpa oleh pandemi covid-19.
 
"Pesan dari Pak Roby, kepada bapak/ibu calon jemaah haji untuk terus menjaga kesehatan. Khusyuk dalam ibadah," ujar Kartini.

Kartini bersama seluruh masyarakat Kabupaten Bintan senantiasa mendoakan agar CJH bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar. Kemudian bisa selamat kembali ke tanah air dan berkumpul bersama keluarga.

"Semoga bisa meraih predikat haji yang mabrur," jelasnya.

Jumlah CJH dari Kabupaten Bintan tahun ini  sebanyak 34 orang. Mereka terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orang perempuan.

Para CJH ini akan didampingi oleh 2 petugas yaitu 1 orang yang merupakan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dan 1 orang lagi dari Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD).

"Jadi total yang berangkat ke tanah suci Mekkah sebanyak 36 orang. 34 orang diantaranya CJH dan 2 orang dari TPHD d TKHD," katanya.

Kakan Kemenag Bintan Herman Zarudi mengatakan CJH yang berangkat tahun ini berasal dari 6 kecamatan. Paling banyak dari Kecamatan Bintan Timur ada 16 orang.

Lalu disusul CJH dari Kecamatan Bintan Utara ada 12 orang, Kecamatan Mantang ada 3 orang, Kecamatan Teluk Sebong ada 2 orang, Kecamatan Tambelan ada 2 orang dan Kecamatan Toapaya 1 orang.

"Kondisi mereka semuanya sehat-sehat," sebutnya.

Untuk CJH tertua, kata Herman, adalah CJH laki-laki asal Tambelan, Hidaat Yahya berusia 64 tahun sementara CJH perempuan adalah Seniwati berusia 63 tahun asal Kecamatan Bintan Timur. 

Sedangkan CJH perempuan termuda Kabupaten Bintan tahun ini yaitu Heluwiah berusia 49 tahun asal Kecamatan Bintan Timur dan CJH laki-laki termuda Tedy Prayitno berusia 37 tahun asal Kecamatan Bintan Utara.

"Tahun ini Seniwati dan Hidaat merupakan CJH tertua di Kabupaten Bintan pada tahun ini. Semoga ibadah hajinya lancar dan jadi haji yang mabrur," ucapnya.

(ary)
Komentar Via Facebook :