Partai Politik di Karimun Antusias Ikut Pileg 2024, 18 Parpol Daftarkan Bacaleg

Partai Politik di Karimun Antusias Ikut Pileg 2024, 18 Parpol Daftarkan Bacaleg

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun, Batamnews - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), menutup pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD pada Minggu (14/5/2023) malam WIB. Sebanyak 18 partai politik ikut serta mendaftar.

Meskipun begitu, tidak semua partai politik mendaftarkan Bacaleg dengan jumlah maksimal. Namun, keterwakilan perempuan telah terpenuhi.

"Sudah 18 partai. Tetapi tidak 100 persen yang mengajukan. Hanya untuk keterlibatan perempuan sudah cukup," kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko, pada Senin (15/5/2023).

Baca juga: Pendaftaran Ditutup, Tiga Partai Politik Tak Ajukan Bacaleg ke KPU Bintan

Kedelapan belas partai politik tersebut adalah Partai Hanura, PDIP, Partai Nasdem, PAN, PKS, Partai Demokrat, PBB, PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar, PPP, PSI, Perindo, Partai Gelora Indonesia, Partai Garuda, Partai Umat, Partai Buruh, dan PKN.

Namun, untuk memastikannya, KPU Kabupaten Karimun masih harus melaksanakan rapat pleno untuk memastikan jumlah pasti calon dari masing-masing partai politik.

"Beberapa partai memiliki jumlah yang sedikit seperti Partai Garuda dan Partai Buruh. Segera setelah rapat, akan diketahui jumlah keseluruhan bacaleg dan partai apa saja yang mengajukan," ujar Eko.

Baca juga: Golkar Optimis Pertahankan Kursi Terbanyak di DPRD Karimun pada Pileg 2024

Untuk tahap saat ini, pendaftaran baru mencakup kelengkapan dokumen pendaftaran. KPU akan melaksanakan verifikasi administrasi terkait keabsahan dokumen para bacaleg.

Tahap selanjutnya adalah perbaikan, yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni hingga 9 Juli 2023.

"Sebagai contoh, apakah ijazah sudah dilegalisir, apakah berupa scan, dan kelengkapan lainnya," tambah Eko.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews