Pemprov Kepri Buka Kembali Akses Keluar Masuk Hewan Kurban Jelang Idul Adha 1444 H

Pemprov Kepri Buka Kembali Akses Keluar Masuk Hewan Kurban Jelang Idul Adha 1444 H

Hewan kurban. (Foto: KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN)

Tanjungpinang, Batamnews - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepulauan Riau (Kepri), Adi Prihantara, memimpin rapat Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) untuk memastikan pemenuhan stok hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Rapat yang diikuti oleh seluruh Satgas PMK dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri ini diselenggarakan di Ruang Rapat Sekda, Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Senin (13/2/2023).

Sekdaprov Adi memaparkan kondisi wilayah Kepri yang sebagian besar memasuki zona hijau, artinya bebas dari kasus PMK. Namun, Kota Batam masih perlu dalam penanganan PMK secara intensif.

Baca juga: Pemprov Kepri Segera Operasikan Rumah Singgah di Batam dan Jakarta

"Hampir seluruh Kabupaten/Kota sudah berada di zona hijau, terkecuali Kota Batam yang memang perlu terus dilakukan penanganan secara intensif hingga tuntas," ucap Sekdaprov Adi.

Provinsi Kepri sebelumnya melakukan pembatasan dan penutupan pintu masuk hewan kurban dari daerah lain untuk mencegah penyebaran PMK yang berakibat berkurangnya stok hewan kurban.

Sekdaprov Adi menegaskan agar seluruh stakeholder dan Satgas PMK melakukan koordinasi dalam pencegahan PMK saat akses keluar masuk hewan kurban dibuka kembali. Ia juga menghimbau untuk hewan kurban di wilayah Kepri terus dilakukan pengecekan kesehatannya secara berkala.

"Perhatikan secara terus-menerus, jika ada kendala segera lakukan koordinasi dengan pihak terkait, untuk Kabupaten Anambas dan Natuna yang memang kondisi letak pulaunya jauh, Pemprov akan fasilitasi penanganannya," pungkas Adi Prihantara.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews