STQH X Kepri 2023: Gubernur Ansar Resmi Membuka Acara, 117 Peserta Ikut Serta

STQH X Kepri 2023: Gubernur Ansar Resmi Membuka Acara, 117 Peserta Ikut Serta

Gubernur Kepria Ansar menerima piala bergilir STQH dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi (diskominfo)

Kepri, Batamnews - Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, secara resmi membuka acara Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) X Tingkat Provinsi Kepri tahun 2023. Acara ini diadakan di Astaka Utama Coastal Area, Karimun, pada hari Selasa (9/5).

Dengan tema "Mengamalkan Kandungan Al-Quran: Wujudkan Hidup Bermakna melalui STQH X Kepri Tahun 2023", perhelatan STQH ini bertujuan untuk menyeleksi peserta terbaik yang akan mewakili Kepri dalam STQH Nasional pada bulan Oktober 2023 di Provinsi Jambi.

Baca juga: Bintan Usung Tema `Islam di Laut Melayu` pada Pawai Ta'aruf STQH X Kepri

Acara dimulai dengan Defile Kafilah yang dipimpin oleh Marching Band Gema Karimun, diikuti oleh Pembawa Bendera Merah Putih dari Paskibra Kabupaten Karimun, serta Kafilah dari seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri.

Dalam acara yang berlangsung mulai tanggal 9 hingga 14 Mei 2023, terdapat 117 peserta yang akan berkompetisi dalam 4 cabang dan 10 golongan yang berbeda. Cabang yang dilombakan antara lain Tilawah Al-Quran Golongan Anak-anak, Tilawah Al-Quran Golongan Dewasa, Hafizh Al-Quran Golongan 1 Juz dan Tilawah, Hafizh Al-Quran Golongan 5 Juz dan Tilawah, Hafizh Al-Quran Golongan 10 Juz, Hafizh Al-Quran Golongan 20 Juz, Hafizh Al-Quran Golongan 30 Juz. Selain itu, juga akan ada lomba Tafsir Bahasa Arab, Hafalan 100 Hadits Beserta Sanad, dan Hafalan 500 Hadits Tanpa Sanad.

Baca juga: Kabupaten/Kota di Kepri Tampil dengan Ciri Khas Daerah di Pawai Ta'aruf STQH ke-X

Sebelum pembukaan resmi STQH, dilakukan juga penyerahan piala bergilir STQH X dari Wali Kota Batam kepada Gubernur Kepri, yang kemudian diserahkan kepada Bupati Karimun selaku panitia pelaksana STQH Kepri tahun 2023.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkolaborasi dalam penyelenggaraan STQH X Kepri, termasuk Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota, Pemerintah Kota dan Kabupaten se-Kepri yang mengirimkan kafilahnya, serta Pemerintah Kabupaten Karimun sebagai tuan rumah acara.

Baca juga: Pawai Taaruf STQH Kepri ke - X: Kafilah Batam Usung Tema Kota Baru

"Mari kita bersama-sama berdoa agar STQH X Kepri ini dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga akhirnya. Semoga acara ini dapat melahirkan perwakilan terbaik dari Kepri yang mampu bersaing di tingkat nasional," harap Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar bersama Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina yang juga Ketua LPTQ Kepri, memukul bedug tanda dimulainya lomba STQH ke X 2023 di Karimun (diskominfo)

Gubernur Ansar juga berharap Dewan Hakim memberikan penilaian yang objektif agar kompetisi ini menghasilkan kompetisi yang maksimal, sebagaimana yang diharapkan. Selain itu, Gubernur Ansar juga menyampaikan rasa syukur atas dampak positif yang dihasilkan oleh pelaksanaan STQH di Kabupaten Karimun, terutama dalam hal perekonomian masyarakat setempat.

Baca juga: Gubernur Ansar Lepas Pawai Ta'aruf dan Kereta Hias STQH ke-X Kepri

"Sejak kedatangan kafilah hingga saat ini, saya melihat para pedagang di Karimun hampir semuanya tersenyum dan senang. Karena hampir semua peserta melakukan berbelanja di Karimun," ucapnya dengan senyum.

Terakhir, Gubernur Ansar mengajak semua pihak untuk tidak hanya menjadikan pelaksanaan STQH ini sebagai seremoni semata, tetapi juga sebagai momen untuk melahirkan insan-insan Qur'ani yang memiliki pemahaman dan pengamalan Al-Qur'an yang mendalam.

Baca juga: Gubernur Ansar Hadiri Malam Ta'aruf STQH X Kepri 2023, Memperkuat Jalinan Kebersamaan dalam Ukhuwah Islamiyah

"Kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk menginternalisasi nilai-nilai Al-Qur'an, sehingga Kepri dapat menjadi provinsi yang diberkahi oleh Allah SWT dengan keamanan, kemakmuran, ketenangan, kesejahteraan, dan selalu berada di bawah kasih sayang-Nya," tutup Gubernur Ansar.

Selain Gubernur Ansar, acara juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kepri sekaligus Ketua LPTQ Kepri Hj. Marlin Agustina, Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari, Anggota DPD RI Dapil Kepri Ria Saptarika, Ketua Dewan Hakim K.H. Said Agil Husein Al Munawwar, Pimpinan DPRD Kepri, Forkopimda Kepri, Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota se-Kepri, para Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala Kantor Kementerian Agama se-Kepri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kepri, serta para tokoh masyarakat dan agama. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews