Menikmati Kelezatan 9 Makanan Khas Natuna yang Menggugah Selera

Menikmati Kelezatan 9 Makanan Khas Natuna yang Menggugah Selera

Natuna selama ini dikenal sebagai pulau terluar Indonesia, padahal kulinernya juga sangat terkenal karena kelezatannya. Coba saja (internet)

Batam, Batamnews - Natuna, pulau terluar Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang memukau dan kekayaan hasil laut yang melimpah. 

Tak hanya keindahannya saja, Natuna juga terkenal dengan kuliner khasnya yang menggoda lidah. Berbagai hidangan laut menjadi sajian khas yang wajib dicoba ketika berkunjung ke pulau ini. 

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Natuna, Ada Masjid Mirip Taj Mahal India

Di antara banyaknya makanan khas Natuna, beberapa di antaranya sudah melegenda dan menjadi favorit wisatawan.

Berikut adalah daftar makanan khas Natuna yang wajib dicoba saat berkunjung ke sana:

1. Kernas

Kernas, yaitu nugget dari ikan tuna atau ikan tongkol segar dengan campuran bahan khusus seperti sagu butir. Rasanya yang gurih dan lezat membuatnya menjadi pilihan camilan yang cocok untuk dicocol dengan saus pedas.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Perairan Batam: Hujan Ringan dengan Gelombang Tenang

2. Nasi Dagang

Nasi Dagang, makanan khas Melayu, juga bisa ditemukan di Natuna dengan beragam lauk yang komplit. Sajian lezat ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang saat berlibur di pulau ini.

3. Tabel Mando

Jika ingin mencicipi pizza khas Natuna, cobalah Tabel Mando. Makanan ini terbuat dari bahan dasar seafood segar seperti ikan tongkol, ikan tuna, gurita, dan kepiting yang dipadukan dengan bumbu rempah dan kelapa muda parut. Rasanya yang lezat dan unik membuatnya menjadi salah satu sajian yang paling digemari.

4. Calok

Calok juga menjadi pilihan sajian yang cukup populer dan digemari oleh masyarakat Natuna

Calok terbuat dari sambal udang kecil yang memiliki cita rasa asin, pedas, dan gurih. Biasanya sajian ini disajikan bersamaan dengan ikan asal atau ikan salai, menciptakan cita rasa yang nikmat di lidah.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Batam: Hujan Ringan Pagi Hari dan Cuaca Berawan Sepanjang Hari

5. Latoh Silong

Latoh Silong, sajian unik dan hanya bisa ditemukan di Natuna, terbuat dari tumbuhan laut bernama Latoh atau anggur laut. 

Sajian ini disajikan dalam keadaan mentah seperti sashimi di Jepang dan dinikmati dengan sambal sederhana dari cabai hijau untuk menambah kenikmatan.

Baca juga: Bawa 3 Kg Sabu, Dua Penumpang di Pelabuhan Sekupang Diamankan

6. Bubo Pedies

Bubo Pedies, kuliner legendaris masyarakat Melayu yang telah ada sejak tahun 1909, juga bisa dicoba di Natuna. Penyebarannya pun mencapai beberapa daerah di Sumatra dan Kalimantan. 

Sajian ini terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula kelapa, dan rempah-rempah yang kemudian dikukus dan dihidangkan dengan taburan wijen di atasnya.

7. Cikong

Makanan khas Natuna yang wajib dicoba selanjutnya adalah Cikong. Cikong sebenarnya adalah minuman segar asal Natuna yang sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

Cikong dibuat dari berbagai bahan campuran yang nikmat, seperti kacang tanah, kacang hijau, santan, kolang kaling, agar-agar, dan sirup. Minuman ini sangat mudah ditemukan di banyak warung makan yang ada di kota Ranai dan beberapa kawasan lain di Natuna.

Baca juga: Tim Gabungan Investigasi Pencemaran Limbah di Perairan Pantai Kampung Melayu Batam

8. Kuah Tige

Kuah Tige atau Kuah Tiga merupakan makanan khas Natuna yang telah ada sejak zaman dahulu. Disebut Kuah Tige karena sajian ini terdiri dari tiga jenis makanan yang digabungkan dalam satu piring, yaitu sagu butir, singkong rebus, dan parutan kelapa yang kemudian diguyur dengan kuah gulai ikan. 

Kuah Tige memiliki rasa yang sangat segar dan nikmat saat disantap siang.

Baca juga: Kapal Tanker MT Pablo Terbakar di Johor, 25 Kru Selamat, 3 Kru Lagi Masih Dicari

9. Kercak

Makanan khas Natuna yang terakhir adalah Kercak. Kercak ini merupakan gulai ikan atau kuah pindang yang berwarna bening kekuningan.

Pembuatan gulai ikan ini bisa menggunakan ikan jenis apa pun yang kemudian dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga aromanya sangat nikmat. Kercak memiliki tampilan yang berbeda dengan gulai ikan karena terdapat sagu butir di dalamnya. Sajian ini sangat cocok bagi yang menyukai sup ikan.

Dengan keanekaragaman makanan khasnya yang lezat dan menggugah selera, tak heran jika Natuna menjadi salah satu destinasi kuliner yang wajib dicoba saat liburan di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Natuna.

(DEN)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews