Wali Kota Batam Ajak Seluruh Elemen Bersinergi dalam Mencegah Karhutla

Wali Kota Batam Ajak Seluruh Elemen Bersinergi dalam Mencegah Karhutla

Batam, Batamnews - Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kota Batam dalam menjaga kelestarian hutan. 

Pernyataan tersebut disampaikan Rudi saat menjadi inspektur apel deklarasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Mako Polresta Barelang. Menurutnya, peran elemen masyarakat sangat penting dalam mencegah Karhutla di Batam.

Rudi menyampaikan bahwa BMKG memperkirakan cuaca panas akan melanda Indonesia sampai Oktober 2023. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan siap siaga menghadapi dan menanggulangi Karhutla. 

Upaya pencegahan dilakukan melalui imbauan dan patroli terpadu di tempat-tempat yang menjadi titik kerawanan Karhutla. Rudi menekankan bahwa peralatan dan personel yang mendukung perlu disiapkan, serta koordinasi dan cara bertindak antar instansi perlu disolidkan.

Rudi juga menegaskan bahwa semua pihak harus berkoordinasi dan berperan aktif dalam menjaga Kota Batam dari terjadinya Karhutla. 

Kejadian kebakaran lahan tidak mengenal batasan seperti hutan lindung, cagar biosfer, hutan tanaman industri, atau perusahaan perkebunan. Oleh karena itu, penyelesaian kebakaran hutan dan lahan tidak bisa dilakukan secara parsial masing-masing pihak. 

Diperlukan kerjasama yang baik dari seluruh stakeholder di Kota Batam untuk menjaga kelestarian hutan dan mencegah terjadinya Karhutla.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews