Kisah Penggemar K-Pop EXO yang Selamat dari Musibah Kapal SB Evelyn Calista 01

Kisah Penggemar K-Pop EXO yang Selamat dari Musibah Kapal SB Evelyn Calista 01

Rezky Arianto, salah seorang penumpang selamat di musibah SB Evelyn Calisca 01 yang terbalik di Sei Guntung, Inhil ,Riau. (Foto: Tangkapan Layar BRK/Batamnews)

Batam, Kepri - Seorang pria ber-hoodie grup band asal Korea Selatan (K-Pop) EXO, Rezky Arianto, berhasil selamat dari musibah terbaliknya kapal cepat (speed boat) SB Evelyn Calisca 01, yang tenggelam di perairan Pulau Burung, Sei Guntung, Indragiri Hilir, Provinsi Riau pada 27 April 2023. Rezky adalah salah satu penumpang speed boat maut tersebut. Rezky pun membagikan kisah dramatisnya saat tiba di Kota Tanjungpinang pada Sabtu, 29 April 2023.

Sosok pria itu sempat muncul dalam sebuah rekaman video sesaat sebelum kejadian. Ia tampak menggunakan sweater hoodie hitam dengan logo K-Pop EXO, asal Korea Selatan dan duduk di kursi barisan nomor dua.

Rezky sempat dikhawatirkan sejumlah EXO-L atau penggemar EXO di kolom komentar terkait nasibnya. "Bagaimana nasib abang yang pakai sweater EXO (fanboy EXO)?" ujar beberapa orang wanita saat video itu muncul di instagram @Batamnewsonline, pada hari kejadian.

Ternyata pria itu berhasil selamat dari tragedi tersebut dengan dramatis. Rezky menceritakan mengenai kronologi terjadinya peristiwa tragis yang merenggut nyawa hingga 12 orang tersebut. Ia mengatakan, saat itu baru sekitar satu jam perjalanan dari Tembilahan menuju Tanjungpinang.

"Awal berangkat saya di bawah, beberapa menit saya pindah ke atas," ujar Rezky kepada wartawan di Pelabuhan Domestik Sri Bintan Pura, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Sabtu, 29 April 2023.

Buka halaman selanjutnya, mengenai cerita "Fanboy EXO menceritakan soal sempat naik ke atas kapal sebelum kejadian" ....

 

Rezky mengaku berasal dari Ganet, Tanjungpinang. Rezky mengaku sebelum peristiwa nahas itu, ia pindah dari kursi penumpang ke dek atau atas kapal, untuk menghisap sebatang rokok bersama adiknya. Pada saat itu kondisi kapal penuh.

Tak berselang lama, saat ia berada di atas, terjadi kecelakaan terhadap kapal yang bermuatan sekitar 76 orang tersebut. "Pada saat kejadian itu saya merasa terbentur kayu, bunyinya kuat, brukkk...," ujar Rezky dengan wajah tampak tegang menjelaskan.

Rezky (hoodie hitam) saat berada di dalam SB Evelyn Calisca 01 (Foto: Batamnews)

Setelah menabrak diduga kayu nipah, tiba-tiba speed boat langsung miring. Tak berapa lama kemudian boat tersebut terbalik . "Saya melayang sekitar 20 meter saat menabrak itu," ujar Rezky.

Beruntung ia saat itu masih dalam kondisi sadar. Pada saat itu ia tak sendiri tujuan ke Tanjungpinang. Ia berangkat bersama adik, abang, serta kakak iparnya.

Rezky kemudian berupaya menyelamatkan diri dengan mencari pelampung. "Saya cari pelampung dan kemudian mencari saudara saya," ujarnya.

Ia kemudian mendekat ke boat. "Pada saat tiba di boat mereka sudah selamat duluan," katanya.

Baca halaman selanjutnya, "Pertolongan Pertama dari Nelayan Kapal Kayu...."

 

Pertolong kemudian datang dari kapal kayu. Kapal tersebut cukup cepat setelah kejadian itu.

Penumpang lainnya yang selamat, Arfan, juga menceritakan kronologi kejadian tersebut. Menurutnya kejadian sangat cepat.

Begitu kejadian ia langsung menyelamatkan istrinya. "Saya tarik langsung istri saya," ujar Arfan yang berasal dari Tanjungpinang. Arfan mengaku cukup trauma atas kejadian tersebut.

Jumlah penumpang yang berasal dari Tanjungpinang terdata sebanyak 38 orang. Mereka dinyatakan selamat. Mereka sempat dievakuasi ke Sungai Guntung, Indragiri Hilir, Riau.

Kemudian sebagian dipulangkan lebih dahulu. Kemudian sebagian lagi mereka dipulangkan dengan kapal Terubuk Express. Petugas telah memeriksa para korban selamat dan tidak ada tanda-tanda trauma berat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews