Kekacauan Antrean Paspor di Batam, Imigrasi: Sistem Antrean M-Paspor Tak Berlaku

Kekacauan Antrean Paspor di Batam, Imigrasi: Sistem Antrean M-Paspor Tak Berlaku

Nomor antrean pemohon paspor di Kantor Imigrasi Batam yang membludak (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Provinsi Kepri, menjelaskan mengapa nomor antrean m-paspor tidak berlaku di lapangan. Ritus Ramadhana, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Batam, mengatakan bahwa sistem antrian m-paspor dibuat untuk mengurai penumpukan pemohon pada jam yang sama, tetapi kenyataannya pemohon tetap datang dan mengambil nomor antrean serentak.

Ritus menegaskan bahwa pemohon diharapkan memilih jam kedatangan saat slot antrean m-paspor dibuka. "Tujuannya agar tidak menumpuk pada pukul 08.00 itu. Tapi kenyataanya mereka yang dapat diluar jam itu ikut antrean. CS kami tidak tahu mereka antreannya jam berapa di m-paspor, jadi dikasih saja nomor antrean pagi itu" ujar Ritus ketika dikonfirmasi Batamnews.co.id, Selasa, 2 Mei 2023.

Sayangnya, beberapa pemohon yang mendapatkan antrean di luar jam 08.00 WIB tetap ikut serta dalam antrean, sehingga menimbulkan kebingungan.

Ritus Ramadhana, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Batam (dok)

Sebagai contoh, salah seorang pemohon, Randi, mengalami kesulitan untuk mendapatkan slot antrian di m-paspor. Ia harus menunggu lama dan harus cepat agar kuota untuk hari Selasa tidak habis. Ketika tiba di kantor Imigrasi Batam, pemohon yang antre sudah banyak, termasuk mereka yang antre untuk jam 09.00 dan 10.00.

Baca juga: Puluhan Pemohon Paspor di Batam Kecewa Sistem Antrean di Kantor Imigrasi Batam

Pemohon lain mengeluhkan bahwa nomor antrean di m-paspor tidak berlaku di lapangan, sehingga m-paspor hanya digunakan untuk pendaftaran dan pembayaran saja. Akibatnya, pemohon yang seharusnya antre pada pukul 10.00 malah mendapatkan nomor antrean 17, sementara yang antri pada pukul 08.00 mendapatkan nomor 59.

Ritus mengakui adanya kekurangan dalam sistem antrean ini. Kantor Imigrasi Batam diharapkan dapat segera menyelesaikan masalah ini agar proses pengajuan paspor berjalan lebih efisien dan tidak menumpuk pada jam yang sama.

(den)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews