Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Kota Padang: Tidak Ada Restoran Padang, Alfamart hingga Indomaret

Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Kota Padang: Tidak Ada Restoran Padang, Alfamart hingga Indomaret

Angkot penuh dengan modifikasi di Kota Padang (Foto: faizal_rachman)

Padang, Batamnews - Padang, kota pelabuhan yang ramai pada zaman VOC, kini telah menjadi kota besar dan ibu kota terkenal di Pulau Sumatra. Selain terkenal dengan masakan Padangnya, Padang memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui oleh orang-orang di luar Sumatera.

Pertama, waralaba minimarket tidak dapat ditemukan di Kota Padang. Pemerintah setempat memiliki tekad yang bulat untuk memajukan UMKM lokal dan mendukung pedagang tradisional. Sebagai pengganti minimarket, pemerintah mendukung minimarket-minimarket lokal seperti Minang Mart.

Kedua, Padang memiliki transportasi umum yang gaul, keren, dan nyentrik. Sarana angkutan kotanya selalu penuh dengan warna, tulisan, aksesoris, dan modifikasi layaknya mobil balap. Bahkan, sering ditemukan angkot yang interiornya memiliki TV dan banyak speaker untuk semakin memanjakan penumpang.

Ketiga, tidak ada warung, depot, atau restoran yang menggunakan nama "Padang" di kota Padang sendiri. Pedagang mendagangkan kuliner Padang secara spesifik, sehingga para pedagang sudah memiliki nama sendiri. Setiap kawasan di Sumatra Barat dan Padang memiliki kuliner yang unik dan khas.

Keempat, di kota Padang terdapat Masjid Raya Ganting, masjid tertua di Sumatra Barat. Masjid ini dibangun pada tahun 1805 dan merupakan akulturasi arsitektur Eropa, Timur Tengah, dan China. Pengaruh Eropa dengan mudah terlihat pada bagian depan atau fasad masjid yang berbentuk mirip seperti benteng kolonial. Sedangkan atap masjid yang berbentuk segi-8 bertumpuk seperti vihara adalah pengaruh China.

Terakhir, Padang juga terkenal memiliki banyak wisata pantai yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai di Bali atau Lombok. Beberapa di antaranya adalah Pantai Padang, Pantai Carolina, dan Pantai Nirwana. Namun, ada satu pantai yang semakin populer karena keunikannya, yaitu Pulau dan Pantai Pasumpahan. Pulau ini merupakan salah satu dari beberapa gugus pulau yang masih murni keasrian laut dan alamnya, sehingga sering disebut sebagai Maldives versi mini.

Tak heran jika Padang selalu menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Keunikan dan kekhasannya akan memikat siapa saja yang datang berkunjung.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews