Banjir Bandang Terjang Wisata Sembahe Deli Serdang, 1 Mobil Hanyut Terseret Arus

Banjir Bandang Terjang Wisata Sembahe Deli Serdang, 1 Mobil Hanyut Terseret Arus

Banjir bandang menerjang kawasan wisata Sembahe, Deli Serdang Sumatera Utara, satu mobil hanyut (tangkapan layar)

Deli Serdang, Batamnews - Banjir bandang melanda objek wisata pemandian alam Sungai Sembahe di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (30/4/2023) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Peristiwa ini mengakibatkan satu mobil hanyut terseret arus sungai.

Saat banjir bandang terjadi, sejumlah wisatawan yang berada di kawasan itu mengalami kepanikan dan berusaha mencari tempat yang lebih tinggi agar tidak terseret banjir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deli Serdang melaporkan, belum ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Baca juga: Jalan Provinsi Sumbar-Riau Terkena Longsor di Kelok 9, Arus Sempat Lalu Lintas Terputus

Amos F Karo-karo, Kepala BPBD Deli Serdang seperti dilansir liputan6.com,  mengatakan bahwa hujan turun dengan derasnya sejak sekitar pukul 12.30 WIB dan banjir bandang terjadi pada pukul 14.00 WIB. 

Dalam peristiwa ini, satu unit mobil berwarna putih terbawa derasnya arus air Sungai Sembahe disertai material kayu. Kondisi air berwarna cokelat.

Baca juga: Peringatan dari Sejarah: Gempa M8.5 di Mentawai Tahun 1797 dan Potensi Bahaya Masa Depan

"Untuk korban jiwa belum ada laporan, hanya mobil hanyut saja yang terseret ke dalam derasnya arus sungai," kata Amos.

Aparat kepolisian yang berada di lokasi berusaha mengurai kemacetan jalan yang terjadi. Kendaraan yang berada di Jalan Medan-Berastagi saat ini tidak bisa bergerak karena terjebak banjir. Kanit Lantas Polsek Pancur Batu Iptu M Rizal mengimbau agar masyarakat menunda perjalanan dari Medan ke Berastagi maupun sebaliknya.

Baca juga: Kapal Evelyn Calisca Karam di Perairan Inhil, Korban Selamat Berbagi Kisah

Banjir bandang menyebabkan Desa Bandar Baru dan Desa Sembahe Kecamatan Sibolangit terdampak. Derasnya hujan menyebabkan air melimpah hingga ke badan Jalan Jamin Ginting (jalan utama Medan-Berastagi). Air diperkirakan setinggi 30 cm yang merupakan dataran rendah.

Para wisatawan yang sedang melintas di kawasan tersebut juga terdampak banjir. Dalam video yang beredar, puluhan kendaraan harus berhati-hati saat melintas lantaran arus air di badan jalan cukup deras.

Baca juga: Terungkap! Konter HP di Bengkong Jadi Tempat Perjudian Higgs Domino, 6 Orang Ditangkap Polisi

Mobil yang hanyut diterjang banjir bandang Sungai Sembahe ditemukan warga sekitar 500 meter dari lokasi pemandian. Kondisi mobil terlihat hancur dengan posisi terbalik dan roda ke atas. Mobil terdampar di pinggir sungai. Belum diketahui siapa pemilik mobil ini. BPBD Deli Serdang sudah menurunkan tim untuk melakukan pengecekan dan memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews