Peringatan dari Sejarah: Gempa M8.5 di Mentawai Tahun 1797 dan Potensi Bahaya Masa Depan

Peringatan dari Sejarah: Gempa M8.5 di Mentawai Tahun 1797 dan Potensi Bahaya Masa Depan

Mentawai pernah diguncang gempa besar tahun 1797 dengan menewaskan ratusan orang (ist)

Batam - Ratusan tahun lalu, Mentawai pernah diguncang gempa besar dengan kekuatannya mencapai M8.5 yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia. 

Kejadian ini terjadi pada 10 Februari 1797 yang diikuti oleh terjadinya tsunami. Namun, zona Mentawai-Siberut tidak mengalami gempa besar lagi sejak itu, hingga terjadi gempa besar pada Selasa (25/4/2023) lalu pukul 03:00 WIB.

Baca juga: Seorang Polisi dan Dua Warga Sipil Ditangkap Saat Pesta Sabu di Siak, 40 Paket Sabu Diamankan

Dalam Konferensi Pers Gempa M 6,9 Berpotensi Tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Utara, secara daring, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, mengungkapkan bahwa zona ini menjadi perhatian para ahli karena mengalami kekosongan gempa sejak tahun 1700-an. 

Baca juga: Kapal Evelyn Calisca Karam di Perairan Inhil, Korban Selamat Berbagi Kisah

"Meskipun terjadi serangkaian gempa bumi di zona tersebut pada 2016, 2018, dan 2019, dengan magnitudo di atas 6, potensi untuk gempa M8,9 tidak ada lagi," ungkap Daryono.

Baca juga: Nikmati Sensasi Kuah Santan Gurih di 3 Resep Soto Medan yang Lezat

Daryono juga menyebutkan bahwa dari kajian para ahli, potensi magnitudo target di zona megathrust segmen Mentawai-Siberut bisa mencapai M8,9. Namun, perhitungan ini tidak mudah dan tidak bisa dihitung dengan nilai yang pasti karena ketidakpastian hitungan ini cukup besar. 

Meski begitu, ia berharap gempa bumi yang terjadi tidak akan memiliki dampak besar, termasuk tsunami.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews