Transportasi Massal Modern Segera Hadir di Kota Batam dengan Proyek LRT

Transportasi Massal Modern Segera Hadir di Kota Batam dengan Proyek LRT

Ilustrasi LRT (Foto: Ist)

Batam, Batamnews - Pembangunan Light Rapid Transit (LRT) di Kota Batam semakin mendekati kenyataan. Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) Muhammad Rudi telah menyatakan rencananya untuk membangun LRT sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan dan menjadikan Batam sebagai kota yang lebih modern.

Dalam beberapa kesempatan, ia menyatakan bahwa LRT akan menjadi transportasi massal yang akan mempermudah mobilitas warga dan pengunjung di Kota Batam.

Pembangunan jalan hingga lima lajur memang sudah dilakukan, tetapi jika tidak diimbangi dengan transportasi massal, maka kemacetan di Kota Batam akan menjadi semakin parah di masa depan.

Dalam hal ini, LRT dianggap sebagai solusi untuk mengatasi masalah kemacetan di Kota Batam dan menjadikan transportasi di Kota Batam lebih modern dan efisien.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi telah menyatakan bahwa pembangunan LRT menjadi bagian dari upaya pembangunan infrastruktur di Kota Batam untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan warga.

Proyek ini sedang dalam tahap perencanaan dan diperkirakan akan selesai pada bulan Mei mendatang.

"Setelah tahap perencanaan selesai, proyek pembangunan LRT akan memasuki tahap penyiapan dokumen lelang yang akan memakan waktu 3 hingga 6 bulan," ujar Rudi.

Ia mengatakan, proses lelang tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir 2023. Pihak BP Batam juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat dan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran pelaksanaan proyek ini.

Proyek pembangunan LRT di Kota Batam diperkirakan akan memberikan banyak manfaat bagi warga dan pengunjung Kota Batam. Selain mengurangi kemacetan, LRT juga akan menjadi alternatif transportasi yang lebih murah dan efisien.

Selain itu, proyek ini juga akan membuka peluang investasi di Kota Batam dan meningkatkan daya tarik pariwisata di kota ini.

"Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, pihak BP Batam juga menegaskan bahwa proyek pembangunan LRT akan memperhatikan aspek lingkungan dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan menekan emisi gas rumah kaca," katanya.

Dengan pembangunan LRT, Kota Batam semakin mendekati citra sebagai kota yang modern dan inovatif. Proyek ini menjadi salah satu langkah strategis dalam menghadapi pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dan menjadikan Kota Batam sebagai kota yang lebih maju dan modern.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews