Lonjakan Penumpang Bandara Hang Nadim Batam Capai 3,46 Juta pada 2022, Sinyal Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi Kota Batam dan UMKM

Lonjakan Penumpang Bandara Hang Nadim Batam Capai 3,46 Juta pada 2022, Sinyal Positif bagi Pertumbuhan Ekonomi Kota Batam dan UMKM

Kepala BP Batam Muhammad Rudi (Foto : BP Batam)

Batam, Batamnews - Selama tahun 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam melaporkan bahwa jumlah penumpang yang tiba dan berangkat melalui Bandara Internasional Hang Nadim mencapai 3,46 juta orang. 

Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencapai 2,07 juta orang. 

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menyambut baik pergerakan penumpang tersebut dan menyatakan bahwa hal ini menjadi sinyal positif bagi pertumbuhan ekonomi Kota Batam ke depan. 

Rudi juga berharap bahwa pergerakan ini akan berdampak positif bagi ekonomi Batam. Ujarannya disampaikan pada Selasa (25/4/2023).

Menurut catatan BPS Kota Batam, jumlah penumpang angkutan udara total selama tahun 2022 meningkat sebesar 66,88 persen. 

Dari jumlah tersebut, penumpang yang datang mencapai 1,76 juta orang dan penumpang yang berangkat sebanyak 1,66 juta orang. 
Mayoritas penumpang datang dari penerbangan domestik, dengan tingkat pemulihan sebesar 82 persen. 

Namun, penerbangan internasional yang sempat menurun drastis selama pandemi Covid-19 juga menunjukkan tren positif dengan tingkat pemulihan sekitar 49 persen. 

Pada bulan Februari 2023, jumlah penumpang yang datang ke Kota Batam sebanyak 138.611 orang, meningkat sebesar 39,37 persen dibandingkan dengan jumlah penumpang pada bulan yang sama pada tahun 2022. 

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengharapkan bahwa peningkatan pergerakan penumpang dapat memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM di Kota Batam dan menghidupkan ekonomi masyarakat kecil. 

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk turut serta dalam kemajuan bersama.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews