Cuaca Panas Menyengat Landa Batam, Simak Penjelasan BMKG

Cuaca Panas Menyengat Landa Batam, Simak Penjelasan BMKG

Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Batam, Batamnews - Cuaca panas di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Batam, Kepulauan Riau terus berlanjut sejak pertengahan Ramadhan hingga hari ini.

Pada Rabu (26/4/2023), aplikasi cuaca Weather menunjukkan suhu udara di Batam mencapai 31 derajat Celsius. 

Sementara, laman BMKG menunjukkan suhu udara tertinggi di Batam mencapai 32 derajat Celsius, dengan kelembapan sebesar 65 hingga 95 persen.

Hampir sebagian besar negara-negara di Asia Selatan masih terdampak gelombang panas atau "heatwave". 

Badan Meteorologi di negara-negara Asia seperti Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos telah melaporkan kejadian suhu panas lebih dari 40°C yang telah berlangsung beberapa hari belakangan dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

Di Indonesia, suhu maksimum harian tercatat mencapai 37,2?C di stasiun pengamatan BMKG di Ciputat pada pekan lalu, meskipun secara umum suhu tertinggi yang tercatat di beberapa lokasi berada pada kisaran 34?C - 36?C hingga saat ini.

Fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan, jika ditinjau secara lebih mendalam dengan dua penjelasan diatas secara karakteristik fenomena maupun secara indikator statistik pengamatan suhu, tidak termasuk kedalam kategori gelombang panas, karena tidak memenuhi kondisi-kondisi tersebut.

Secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Sedangkan secara indikator statistik suhu kejadian, lonjakan suhu maksimum yang mencapai 37,2°C melalui pengamatan stasiun BMKG di Ciputat pada pekan lalu hanya terjadi satu hari tepatnya pada tanggal 17 April 2023. 

Suhu tinggi tersebut sudah turun dan kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36°C di beberapa lokasi. Variasi suhu maksimum 34°C - 36°C untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Secara klimatologis, dalam hal ini untuk Jakarta, bulan April-Mei-Juni adalah bulan-bulan di mana suhu maksimum mencapai puncaknya, selain Oktober-November.  


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews