5 Tips Kembali Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran

5 Tips Kembali Produktif Bekerja Setelah Libur Lebaran

Bekerja di kantor (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Para pekerja dan mahasiswa harus kembali ke rutinitas setelah berakhirnya jadwal cuti Lebaran tahun 2023. Namun, kembali ke kota tempat bekerja setelah pulang ke kampung halaman bisa menjadi hal yang berat bagi sebagian orang.

Menurut Dosen Psikologi Unesa, Siti Jaro'ah SPsi MA, ini adalah hal yang wajar dan harus dikelola dengan baik agar bisa kembali produktif.

Siti Jaro'ah memberikan lima tips untuk membantu proses adaptasi dan kembali produktif pasca mudik lebaran. Pertama, ubah mindset agar bisa melihat libur Lebaran sebagai waktu jeda untuk mencari inspirasi dan motivasi.

"Agar kita tidak malas, kita harus sadar dahulu bahwa kita merupakan harapan dan kebanggaan orang tua atau keluarga. Kesuksesan kita adalah kesuksesan mereka juga. Kita harus sadar itu dan menjadikannya sebagai bahan bakar memulai rutinitas," paparnya.

Kedua, susun rencana baru untuk mengurangi ketidakpastian yang bisa membuat kita menunda-nunda hal-hal yang harus dilakukan. Ketiga, ingat tujuan hidup yang telah direncanakan atau ditargetkan sebelumnya agar memiliki motivasi baru.

Keempat, buat agenda menyenangkan seperti mengadakan acara halalbihalal untuk semakin memperkuat kedekatan dengan rekan kantor dan teman-teman terdekat. Terakhir, ingat tugas dan tanggung jawab setiap harinya agar bisa mengajak seluruh energi untuk bekerja dan memulai pekerjaan.

"Dengan mengingat apa tugas dan tanggung jawab, kita bisa mengajak seluruh energi untuk bekerja dan memulai pekerjaan. Intinya, tetap semangat kembali bekerja dan berkarya. Karena setiap usaha kita ada harapan orang tua dan keluarga yang perlu terus diperjuangkan," ucap Siti Jaro'ah.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews