Pemerintah Kota Batam Menetapkan Tiga Tempat Pusat Titik Salat Idul Fitri

Pemerintah Kota Batam Menetapkan Tiga Tempat Pusat Titik Salat Idul Fitri

Salat Idul Fitri di Batam di tahun sebelumnya (Foto: Batamnews)

Batam, Batamnews  - Pemerintah Kota Batam telah menetapkan tiga tempat pusat titik salat Idul Fitri pada tahun ini. Dataran Engku Putri, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, dan Masjid Baiturahman, Sekupang akan menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Fitri di tingkat kota. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Rudi Panjaitan pada Selasa (18/04/2023).

Menurut data yang dihimpun oleh Kementerian Agama Kota Batam, terdapat 831 titik lokasi salat Idul Fitri tahun ini yang tersebar di 12 kecamatan se Kota Batam. Jumlah lokasi pelaksanaan salat Idul Fitri meningkat dari tahun sebelumnya, yakni 525 lokasi. Terdapat 713 masjid, 97 mushalla, dan 21 lapangan yang menyelenggarakan salat Idul Fitri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Rudi Panjaitan, mengatakan bahwa penentuan tiga tempat pusat titik salat Idul Fitri tersebut didasarkan pada faktor keamanan dan kenyamanan bagi jamaah yang melaksanakan salat. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat merayakan hari raya Idul Fitri dengan aman dan tenang.

Untuk pelaksanaan Salat Idul Fitri di Dataran Engku Putri, Sabtu (22/04/2023) sebagai Khatib KH. Lukman Rifai, S. Ag dan di masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Khatib adalah H. Syukri Ilyas, S.Ag. Untuk imam dan bilal adalah imam dan bilal di masing-masing masjid tersebut.

Selain itu, menyambut hari raya Idul Fitri, Pemerintah Kota Batam juga menggelar kegiatan pawai takbir Tingkat Kota Batam pada Jumat (21/04/2023) pukul 19.30 WIB. Kegiatan ini dipusatkan di Dataran Engku Hamidah. Lomba kendaraan hias juga akan diselenggarakan dengan total hadiah sebesar Rp 36 juta untuk lomba mobil hias.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad juga mengundang masyarakat Batam yang ingin bersilahturahmi ke kediaman masing-masing pimpinan tersebut pada hari raya Idul Fitri. Masyarakat diizinkan untuk berkunjung ke kediaman Wali Kota Batam di Komplek Perumahan Rosedale Blok F No. 12 dan ke kediaman Wakil Wali Kota Batam di Perum KDA Cendrawasih merak 12.A Batam Kota.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews