Viral AC Pesawat Lion Air Mati, Begini Penjelasan Manajemen

Viral AC Pesawat Lion Air Mati, Begini Penjelasan Manajemen

Lion Air. (ilustrasi)

Jakarta - Sebuah video menunjukkan penumpang Lion Air nomor penerbangan JT 672 rute Makassar-Balikpapan kepanasan di dalam kabin pesawat viral di media sosial (medsos). Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin menyebut akibat kejadian tersebut penerbangan ditunda 2 jam.

Atas kejadian tersebut, Lion Air menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang. Pihaknya mengakui insiden pada Rabu (19/4) lalu karena adanya kendala pada sistem pendingin udara di pesawat.

"Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para penumpang penerbangan nomor JT-672 dengan jadwal keberangkatan 08.45 WITA rute Makassar (UPG) ke Balikpapan (BPN) pada Rabu (19/04) karena adanya kendala pada sistem pendingin udara di pesawat," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resminya, Jakarta (20/4/2023).

Danang menjelaskan pilot menemukan ada indikasi sistem pendingin udara tidak bekerja secara maksimal ketika pesawat yang dioperasikan Boeing 737-800NG bersiap untuk didorong mundur (push back). Akibatnya suhu di dalam kabin pesawat tidak sebagaimana mestinya.

"Pada situasi tersebut, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan penerbangan dan meminta penumpang agar diturunkan kembali menuju ruang tunggu bandar udara," tuturnya.

Awak kabin yang bertugas memberikan informasi kepada penumpang dan mengarahkannya untuk kembali ke ruang tunggu di bandar udara, sambil menunggu informasi dan perkembangan selanjutnya.

"Pengecekan dan perbaikan sistem pendingin udara ternyata membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit yang dilakukan oleh teknisi Lion Air," kata dia.

Danang menjelaskan dalam proses ini pekerjaan tidak dapat dilakukan secara cepat dan instan. Setelah sistem pendingin udara pesawat dinyatakan telah berfungsi dengan baik, pilot kembali melakukan pengecekan. Kemudian pesawat siap diterbangkan kembali.

"Lion Air telah memberangkatkan kembali seluruh penumpang penerbangan nomor JT-672 tujuan Balikpapan pukul 11.20 WITA, dengan menggunakan pesawat yang sama. Pesawat telah mendarat dengan normal," kata Danang.

Dia menambahkan, Lion Air berkomitmen aspek keselamatan dan kenyamanan selalu menjadi fokus utama dalam setiap penerbangan.

Sebelumnya, Stakeholder Relation Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Iwan Risdianto, membenarkan terkait video viral penumpang Lion Air yang kepanasan di dalam kabin. Ia menyebut, akibat kejadian tersebut penerbangan ditunda 2 jam 35 menit.

"Iya benar. Keberangkatannya ditunda kurang lebih 2 jam 35 menit. Tapi sekarang pesawat itu sudah sampai di Balikpapan," ujarnya via merdeka.com, Rabu (19/4/2023).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews