Penjelasan Lion Air soal Pesawat Rute Batam- Padang yang Gagal Landing 

Penjelasan Lion Air soal Pesawat Rute Batam- Padang yang Gagal Landing 

ilustrasi

Batam, Batamnews - Pesawat Lion Air JT 144 Rute Batam-Padang sempat gagal landing, Kamis (29/12/2022) akibat cuaca buruk. Hal ini menyebabkan visibilitas pendaratan pesawat berkurang.

Pilot akhirnya memutuskan untuk return to base (RTB) ke Bandara Hang Nadim, Batam.

"Ya benar pesawat tersebut melakukan pendaratan kembali di Bandar Udara asal (Return To Base) untuk memastikan keselamatan penerbangan," ujar Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro.

Baca juga: Berputar-putar di Langit Padang Tak Bisa Mendarat, Pesawat Lion Air Kembali ke Batam

Menurutnya, keputusan tersebut sudah tepat sebagaimana standar operasional prosedur untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Hal tersebut dikarenakan kondisi cuaca Bandar Udara Minangkabau saat itu yang kurang baik.

"Kurang baik dan nggak memenuhi kualifikasi atau persyaratan untuk operasional penerbangan (lepas landas dan mendarat) karena jarak pandang pendek," kata dia.

Baca juga: Detik-detik Ruko Roboh Timpa Warga dan Petugas Penggusuran di Bengkong

Dikatakannya bahwa Operasional Lion Air sudah kembali menerbangkan pesawat tersebut setelah bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk pendaratan.

Selain itu, Lion Air terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam menjalankan operasional dan layanan penerbangan.

"Lion Air juga sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang dan akan memperbarui sesuai perkembangan terkini," terangnya.

Sebelumnya, pesawat Lion Air dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Padang gagal mendarat karena cuaca buruk.
Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Hang Nadim pukul 09.30 wib. Saat akan mendarat di Padang, cuaca buruk dan pesawat melakukan RTB menuju Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews