Momen Mudik, Bandara Hang Nadim Siapkan Posko hingga Extra Flight 

Momen Mudik, Bandara Hang Nadim Siapkan Posko hingga Extra Flight 

Bandara Hang Nadim Batam. (ist)

Batam - Posko Terpadu Angkutan Lebaran tahun 2023 sudah dibuka di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, pada Jumat (14/4/2023). Posko itu berguna untuk memantau sampai memastikan keamanan dan ketertiban arus mudik hari raya idulfitri nanti.

Posko yang didirikan merupakan tempat pantau dan mengkoordinir kondisi-kondisi yang tidak normal di bandara. Ada petugas terpadu dari beberapa stakeholder yang mangkal di lokasi.

"Kita bersama stakeholder memantau dan memonitor lonjakan, gangguan kemanan dan lain-lain," ujar VP Airport Operation Bandara Hang Nadim Batam, Khoufan Rizki Oktarian.

Katanya, ada beberapa layanan yang ada di posko itu. Mulai dari menginformasi beragam hal kepada pengguna jasa, meliputi dari laporan aktualisasi penerbangan, prakiraan cuaca, hingga kepadatan penumpang. 

"Ada juga pengaduan untuk pengguna jika ada kendala. Kami di sini terdiri dari SAR, TNI/Polri, KKP, PLN, BMKG dan lain-lain," kata Khoufan.

Lonjakan Penumpang Diperkirakan Terjadi pada 19 April

Dari waktu kalender normal, lebaran diperingati pada tanggal 22 April mendatang. Untuk itu, pihak Bandara Hang Nadim Batam memprediksi bakal terjadi kenaikan atau lonjakan penumpang yang mudik pada tanggal 19 April.

"Prediksi secara keseluruhan puncaknya itu ada kenaikan 20 persen dari tahun 2022. Tahun 2022 sekitar 8000 (penumpang) kedatangan dan keberangkatan. Tahun ini diperkirakan mencapai 10 ribu," kata dia.

64 Extra Flight untuk Empat Rute Telah Diajukan

Sementara untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, pihak bandara telah menerima sebanyak 64 pengajuan extra flight atau penambahan jam penerbangan. 

Maskapai yang mengajukan extra flight itu datang dati Super Jet, Lion Air dan City Link. Lalu untuk rute tambahan yang dimaksud hanya tujuan Kota Padang, Pekanbaru, Medan dan juga Jakarta 

Meski tak lagi diberlakukan PPKM, akan tetapi syarat keberangkatan tetap diwajibkan ke setiap penumpang sudah di booster atau vaksin ketiga. Sisanya persyaratan normal saja.

Untuk diketahui, posko dibuka selama 19 hari. Mulai 14 April hari ini, sampai 2 Mei mendatang. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews