Soal Aturan Wajib Vaksin Booster, Begini Pantauan di Bandara Hang Nadim

Soal Aturan Wajib Vaksin Booster, Begini Pantauan di Bandara Hang Nadim

Bandara Hang Nadim. (Foto: dok. Batamnews)

Batam, Batamnews - Arus mudik Lebaran 1444 Hijriah melalui Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau belum memperlihatkan peningkatan signifikan.

Pada Kamis (13/4/2023), terpantau antrean penumpang di bandara yang memiliki runway terpanjang se-Indonesia itu masih terlihat normal. 

PT Bandara Internasional Batam (BIB) selaku pengelola Bandara Hang Nadim tetap memberlakukan mewajibkan vaksin booster (dosis II) sebagai syarat penerbangan.

Hal tersebut berdasarkan Surat Edaran (SE) Satgas Covid 19 Nomor 24 tahun 2022 tentang perjalanan orang dalam negeri dan Surat Edaran (SE) Kemenhub nomor 82 tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara.

"Ya kita tetap melakukan pengawasan dan pengecekan, karena SE dari Satgas Covid 19 masih berlaku dan memakai booster," ujar Direktur Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim, Fikri Ilham.

Namun demikian, kebijakan ini tidak secara mutlak diberlakukan. Dari pantauan Batamnews, penumpang mengakui belum tahu. Sejauh ini belum ada kewajiban ataupun pengecekan soal vaksin booster kepada calon penumpang.
 
"Tak ada disuruh tunjukkan sertifikat vaksin, langsung naik ke pesawat," ujar Sugiyanto, penumpang dengan tujuan Yogyakarta.

Menurutnya jika aturan itu benar diterapkan justru akan membuat ribet pemudik. "Yang jelas ini kan sudah nggak masa pandemi lagi. Jangan sampai lah aturan-aturan yang bikin ribet ini diterapkan, kita semua mau pulang kampung lebaran," ujarnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh penumpang lainnya, Sherly. Ia yang hendak berangkat ke Medan, Sumatera Utara bersama keluarga tidak menjalani pemeriksaan vaksinasi Covid-19.

"Saya memang sudah vaksin kedua, tapi tidak diminta menunjukkan sertifikat vaksin oleh petugas bandara," ujarnya.

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat momen mudik Lebaran tahun ini, maskapai Super Air Jet menambah ekstra penerbangan dari Batam.

Rute yang dilayani penerbangan tambahan ini untuk tujuan Padang, Pekanbaru dan Palembang mulai 15 April 2023 mendatang.
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews