6 Fakta Unik Kepulauan Riau, Provinsi dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Indonesia

6 Fakta Unik Kepulauan Riau, Provinsi dengan Jumlah Pulau Terbanyak di Indonesia

Pulau Bawah adalah salah satu yang berada di Anambas Kepulauan Riau (Foto: Ist)

Tanjungpinang, Batamnews - Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura, Kepulauan Riau memiliki beberapa fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat Indonesia. Berikut ini 6 fakta unik tentang Kepulauan Riau:

  1. Provinsi dengan Jumlah Pulau Terbanyak Kepulauan Riau merupakan provinsi dengan jumlah pulau terbanyak di Indonesia, mencapai 2.408 pulau.

  2. Luas Lautan mencapai 96% Luas wilayah Kepulauan Riau sebagian besar terdiri dari lautan, mencapai 96% dari total wilayah provinsi.

    Baca juga: Lowongan Kerja ke Singapura, Gaji Berkisar Rp80 Juta hingga Rp150 Juta per Bulan

  3. Penduduk Lebih Banyak Berwisata di Luar Negeri
    Biaya wisata di Jakarta bagi penduduk Kepulauan Riau ternyata lebih mahal daripada berwisata ke luar negeri seperti Singapura, sehingga banyak warga yang memilih berwisata ke luar negeri.

  4. Ibukota Kepulauan Riau adalah Tanjungpinang Meskipun banyak yang mengira Batam sebagai ibukota Kepulauan Riau, sebenarnya ibukota provinsi ini adalah Tanjungpinang.

  5. Kuliner Khas: Seafood Kepulauan Riau memiliki berbagai kuliner khas yang terbuat dari bahan dasar ikan laut atau seafood, seperti Gonggong (siput), Lakse, Prata, dan lainnya.

    Baca juga: Persyaratan Penukaran Uang Baru di Kepri Menjelang Lebaran 2023: Ketentuan dan Batasan Nominal

  6. Bahasa dan Kebudayaan Melayu dan Indonesia masyarakat Kepulauan Riau umumnya menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu, karena letak geografis yang dekat dengan Malaysia dan Singapura.

Kepulauan Riau memiliki keunikan dan kekayaan budaya yang menarik untuk diketahui. Dengan berbagai fakta unik ini, semoga masyarakat Indonesia semakin mengenal dan mencintai provinsi Kepulauan Riau sebagai bagian dari kekayaan bangsa.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews