PDI-P Tak Akui Bupati Meranti Sebagai Kader Partai

PDI-P Tak Akui Bupati Meranti Sebagai Kader Partai

Bupati Meranti, Muhammad Adil berbicara dalam sebuah forum PDIP. (Foto: ist untuk batamnews)

Meranti, Batamnews - Nama Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Muhammad Adil , tengah hangat dibicarakan lantaran kena OTT KPK , pada Kamis (6/4/2023) malam.

Adil diketahui merupakan kader dari PDI-P. Sebelumnya, dia sempat berada di PKB. Akan tetapi, PDI-P secara blak-blakan tak mengakui Adil sebagai kader partainya.

Ketua DPP PDI-P, Djarot Saiful Hidayat menyatakan Bupati Adil yang ditangkap KPK bukan kader PDI-P. Menurutnya, seseorang bisa disebut sebagai kader partai ketika orang itu sudah mengikuti proses kaderisasi.

"Yang bersangkutan bukan kader partai. Yang disebut kader partai adalah anggota partai yang sudah mengikuti kaderisasi di tingkatan partai," ujar Djarot, dilansir dari Kompas.com , Jumat (7/4/2023).

Baca:  Rekam Jejak Bupati Meranti Muhammad Adil: Dikenal Lantang, Kini Ditangkap KPK

Menurut informasi yang dia dapat, Adil memang sering berpindah-pindah partai. Namun, yang pasti, tegas dia, Adil bukan kader PDI-P.

"Enggak, info yang saya terima beliau sering pindah partai ya. Yang jelas yang bersangkutan tidak pernah mengikuti kaderisasi di partai, sehingga bukan kader partai," ujarnya.

Namun, tempo lalu, Anggota DPR RI Fraksi PDI-P, Ir Effendy Sianipar, mengatakan jika Bupati Meranti Adil sudah menjadi Kader PDI-P.

Baca: KPK Tangkap Bupati Meranti Muhammad Adil

"Bupati kita sekarang ini, kan, orang PDI Perjuangan. Baru tau, kan. saya kasi tau bupati sekarang jadi orang PDI perjuangan dan sudah menjadi kader PDI Perjuangan sejak dua bulan lewat, dia yang datang ke kita langsung," ujarnya saat kunjungan kerja ke Selatpanjang. 

Sepak Terjang Karir Politik Bupati Adil

Adil menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Riau selama dua periode, yakni periode 2014-2019 dari Partai Hanura dan periode 2019-2024 dari PKB. 

Namun, pada periode kedua, Adil hanya melamar selama satu tahun sebagai anggota DPRD Riau lantaran diusung menjadi calon Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti 2021-2024. Dia pun menang dan terpilih menjadi Bupati Meranti. 

Selain menjadi politikus, Bupati Meranti ini juga aktif berorganisasi. Adil merupakan Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Riau 2017-2022. Dia juga pernah menjadi Ketua Umum FORKI Kabupaten Kepulauan Meranti 2010-2014. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews